published 09/09/2021 - 4 Min Read

15 Ide Kado untuk Teman yang Melahirkan

Memberikan kado kepada teman atau rekan kerja merupakan salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi. Apalagi, jika teman atau kerabat kita mengabarkan tentang kelahiran anaknya, baik memberitahu secara langsung maupun melalui media sosial dengan memposting foto bayinya. 

Biasanya, kado untuk teman yang melahirkan tidak jauh-jauh dari barang-barang kebutuhan bayi. Memang tidak salah sih, tapi nggak cuma bayinya saja lho yang harus diperhatikan. Sang Ibu pun juga harus diistimewakan dengan diberi kado juga. Nah, berikut ini beberapa ide kado unik untuk teman yang baru melahirkan yang dikutip dari berbagai situs yang memberikan informasi untuk ibu menyusui dan baru melahirkan.

Ide Kado untuk Teman yang Melahirkan

  1. Pakaian untuk Ibu

Pilihkan yang terasa nyaman dengan material kain yang tidak mudah kusut. Tentu ibu yang baru melahirkan membutuhkan barang ini ketika melakukan berbagai aktivitas di rumah bersama bayi. Kita juga bisa memberikan model pakaian yang “busui-friendly” (mudah dipakai untuk ibu yang menyusui) sebagai kado untuk ibu yang baru melahirkan.

Kamu bisa lengkapi kado pakaian tersebut dengan slipper, tank top, dan celana yoga. Pastikan baju ini mudah dicuci dan gampang dilepas agar mempermudah Ibu berganti pakaian kapanpun saat dibutuhkan.

  1. Coffee Maker

Coffee Maker bisa jadi salah satu kado untuk teman yang melahirkan. Jangan salah, ibu yang baru melahirkan sangat membutuhkan kafein lho. Nah, kita bisa memastikan agar mereka minum kopi nikmat yang dibuat dari coffee maker, bukan minum kopi dari kemasan botol atau kaleng bahkan kopi sachet. Khawatir kopi mempengaruhi ASI atau menyebabkan bayi terjaga seharian?

Tenang, asupan kafein masih dinyatakan aman untuk ibu menyusui asal tidak lebih dari 200 mg kafein per hari. Asupan kafein ini bisa membantu Ibu yang baru melahirkan tetap bisa terjaga dan merasa segar di pagi hari.

  1. Breastpump Elektrik

Kalau teman kamu berencana untuk tetap menyusui anaknya saat harus kembali bekerja, breastpump elektrik akan sangat berguna untuknya. Memompa ASI pasti jauh lebih efektif dan cepat dengan breastpump elektrik.

  1. Buku Parenting

Ibu yang baru melahirkan tentu perlu panduan untuk merawat bayinya. Kita bisa memberikan buku parenting yang kredibel untuk membantunya mengasuh si kecil.

  1. Cemilan atau booster ASI

Menyusui membuat ibu baru sering merasa lapar. Selain itu, untuk menjaga mood tetap baik, ibu baru membutuhkan persediaan cemilan yang ia sukai. Kita juga bisa memberikan booster ASI untuk membantu meningkatkan produksi ASInya.

  1. Bantal Menyusui

Benda ini bisa digunakan untuk ibu maupun bayi. Bantal berbentuk bulan sabit ini membantu menopang bayi ketika belajar duduk. Ibu juga bisa menggunakannya ketika menyusui agar merasa nyaman. Bantal menyusui ini biasanya tersedia dalam aneka motif dan bahan.

  1. Playmat

Bayi umumnya tertarik dengan lingkungan sekitar mereka, dan ibu bisa membuat interaksi bayi jadi lebih menyenangkan dengan aktivitas di playmat. Biasanya pada playmat terdapat cermin warna-warni, serta benda-benda lain dengan bentuk, ukuran, dan warna berbeda yang bergantungan di tiang dan bisa digapai bayi. Ini akan mendorong perkembangan mata dan kemampuan pertumbuhan fisik si kecil.

  1. Travel Kit

Kita bisa membuat bayi baru lahir lebih bergaya saat bepergian dengan menghadiahkan travel kit berisi semua kebutuhannya. Berikan car seat yang disertai pelindung matahari, mainan di mobil, atau kacamata bayi. Atau bisa juga belikan diaper bag atau cooler bag untuk menyimpan ASI.

  1. Kursi Goyang

Kursi goyang jadi salah satu kado untuk ibu yang baru melahirkan yang sangat bermanfaat, terutama di malam hari ketika temanmu harus terjaga untuk menyusui anaknya. Ibu bisa memilihkan design kursi goyang yang modern agar cocok diletakkan di ruang tamu ketika bayi sudah mulai besar.

  1. Syal 

Syal yang lembut bisa menghangatkan tubuh atau menyamarkan tampilan ibu baru yang belum sempat mandi karena sibuk mengurus anak. Syal bisa juga digunakan untuk menutupi bagian payudara ketika menyusui di tempat umum.

  1. Diaper Bag atau Tas Popok

Kamu bisa pilihkan diaper bag terkini yang multifungsi. Benda ini akan selalu dibawa saat pergi dengan bayi. Pastikan diaper bag bayi muat untuk semua keperluan bayi dan ibu. Lebih baik lagi bila tas popok ini memiliki pegangan pendek serta tali pundak yang bisa disesuaikan.

  1. Bouncer

Bayi baru lahir dan orang tuanya pasti akan menyukai kado berupa bouncer. Bayi bisa merasa seperti diayun saat duduk di bouncer. Selama ia tenang di bouncer, ibu dan ayahnya bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya dengan tenang. Perlengkapan bayi ini juga mudah dibawa dan tersedia dalam banyak pilihan bahan, mulai yang terbuat dari logam atau plastik. Beberapa jenis bouncer ada yang menggunakan tenaga baterai atau dilengkapi dengan tambahan musik, mainan, dan suara yang menenangkan. 

  1. Jasa Doula

Bisa dibilang kado atau hadiah ini merupakan salah satu kado untuk teman yang melahirkan, yang unik yang bisa kamu berikan kepada temanmu yang baru melahirkan. Mungkin jarang ada orang yang kepikiran untuk menyewa doula sebagai kado untuk ibu yang baru melahirkan. Tapi percayalah, kado ini sangat bermanfaat lho.

Jasa doula ini memberikan dukungan emosional dan fisik berupa pijatan yang membantu ibu hamil lebih rileks. Jasa doula bekerja untuk ibu hamil, dan melahirkan. Ibu yang baru melahirkan pasti akan sangat terbantu dengan adanya Doula. Profesi doula mungkin tidak terlalu dikenal di Indonesia, tapi sudah mulai banyak yang menggunakan jasa doula.

Tugas utama Doula adalah mengajarkan ibu baru tentang segala trik merawat bayi, seperti menidurkan bayi, menyusui, merawat ibu pasca melahirkan, bahkan ada yang bersedia untuk merawat anak yang lebih besar.

  1. Baju Tidur

Semua orang tahu kalau ibu yang baru melahirkan pasti begadang di malam hari. Baju tidur bisa jadi pilihan kado untuk teman yang melahirkan. Pilihlah material yang ringan dan hangat dengan kerah lebar dan lengan yang bisa dilipat. Bisa juga pilih baju tidur dengan tambahan tali pengikat pada bagian pinggang karena item ini membuat ibu merasa nyaman ketika berjalan atau menyusui bayi. Pilihkan baju tidur dengan saku agar bisa digunakan untuk menyimpan barang kebutuhan si kecil.

  1. Mainan Edukatif

Anak-anak, termasuk bayi, menyukai mainan. Mainan dengan warna dan pola hitam putih akan disukai bayi baru lahir dan mendorong perkembangan penglihatannya. Selain itu, aktivitas dan gerakan di matras akan membantu kemampuan motoriknya. Mainan lembut, yang bisa digigit membuatnya bereksplorasi dengan aman dengan mulutnya.

Nah, itulah 15 ide kado untuk teman yang melahirkan. Semoga bisa menjadi inspirasi kamu. Dengan memberi bingkisan kado, kamu dapat mempererat tali silaturahmi dengan teman atau sahabat. Bisa jadi kado yang kamu berikan sangat berharga bagi temanmu yang baru melahirkan, dan akan menjadi tanda pengingat-ingat persahabatan di antara kamu dan temanmu.

Persiapkan keuanganmu untuk masa depan dengan cara mengembangkannya di ALAMI, platform peer to peer lending syariah. Uangmu akan dikelola secara syariah untuk pendanaan UMK di seluruh Indonesia. Kamu akan mendapat ujrah atau imbal hasil setara 14%-16% p.a. Ayo segera download aplikasinya di Playstore dan Appstore.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments