resolusi tahun baru
published 15/12/2021 - 4 Min Read

Resolusi Tahun Baru, Tentukan Target Keuanganmu di 2022

Kita telah meninggalkan dan sudah mulai memasuki tahun 2022. Memasuki tahun baru, biasanya selalu ada refleksi tentang apa saja yang sudah dilakukan sepanjang tahun ini dan target apa saja yang belum tercapai.

Kemudian, untuk menyambut tahun baru ada sebuah harapan atau rencana yang akan dilakukan di tahun berikutnya. Hal ini biasa disebut dengan resolusi tahun baru. 

Sebagian besar orang akan membuat resolusi di malam tahun baru. Umumnya, resolusi tahun baru dilakukan pada hari pertama tahun itu. Pentingnya resolusi tahun baru sebagai perencanaanmu di tahun mendatang.

Bagi kamu yang masih kebingungan akan membuat rencana selama tahun mendatang, berikut beberapa ide dan tips membuat resolusi untuk tahun 2022 untuk menambah motivasi.

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru 2022

Mulai dari yang kecil

Mulailah dari hal yang kecil, meski sebuah resolusi sebaiknya sesuatu yang besar dan menunjukkan peningkatan yang signifikan dari kebiasaanmu di tahun-tahun sebelumnya.

Tapi, kebanyakan sesuatu yang besar malah tidak akan tercapai bahkan sulit untuk dilakukan. Buatlah resolusi yang kamu tahu bisa kamu lakukan. Hindari perencanaan yang terlalu rumit dan sulit diraih, hingga kamu kesulitan mencapainya.

Belajar dari masa lalu

Pepatah dalam bahasa Inggris mengatakan “experience is the best teacher”, atau pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman kegagalan dalam mencapai resolusi bisa dijadikan pelajaran bagimu untuk membuat resolusi tahun baru 2022. 

Oleh karena itu, kamu bisa membuat resolusi tahun baru dengan cara melihat dulu resolusi tahun ini. Apakah ada yang gagal untuk dicapai? Jika memang begitu, mengapa hal itu bisa terjadi? Barangkali, kesalahanmu bisa jadi pembelajaran untuk resolusi tahun depan.

Ubah tujuan jadi langkah praktis

Misalnya kamu mempunyai resolusi tahun 2022 untuk untuk menurunkan berat badan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Hal ini bisa kamu lakukan secara bertahap, atau tidak sekaligus menghilangkan makanan karbohidrat. 

Lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk tidak memakan makanan yang tidak mengandung karbohidrat, dan berat badanmu akan berkurang sesuai dengan yang telah dicita-citakan sebelumnya. 

Buat Resolusi secara SMART

Melansir New York Times, cara ini bisa kamu terapkan saat sedang membuat resolusi tahun baru. Untukmu yang belum memahami SMART, ia merupakan singkatan dari:

  • Specific, jelas, pilih “aku ingin lari pagi setiap hari” bukannya “aku ingin hidup lebih sehat”
  • Measurable, pilih “aku ingin berat badanku 50 kilogram” alih-alih “aku ingin berat badanku naik”
  • Achievable, jangan targetkan punya tabungan terlalu banyak jika pengeluaran penting masih tinggi
  • Relevant, pilih yang cocok denganmu, bukannya ikut-ikutan saja
  • Time-bound, pastikan kamu tahu jangka waktu yang ingin kamu berikan ke diri sendiri untuk mencapainya. Namun, pastikan juga kamu jangan merencanakan berat badan turun 10 kilogram dalam 1 minggu. Pilihlah jangka waktu yang sehat dan realistis. 

Jangan Terlalu Banyak

Membuat resolusi tahun baru 2022, usahakan jangan terlalu banyak. Kamu harus fokus pada salah satu resolusi yang akan kamu capai di tahun depan. Saat menuliskan rencana atau resolusimu hindari memasukan banyak rencana. 

Jaga jumlahnya agar kamu tak merasa terintimidasi, atau bahkan malas karena terlalu muluk-muluk. Sebaiknya, cukup pastikan satu hingga tiga resolusi yang menjadi prioritasmu di tahun baru. 

Contoh Resolusi Tahun Baru 2022 yang Mudah Dilakukan dan Dicapai

Contoh resolusi tahun baru 2022 yang mudah dilakukan oleh siapa saja adalah menabung. Menabung untuk apa? Tentunya disesuaikan dengan tujuan dari kamu menabung yang masuk ke dalam list resolusi tahun baru 2022 kamu. 

Misalnya resolusi tahun baru 2022 kamu adalah memiliki rumah, membeli kendaraan, atau bahkan menikah. Tentunya itu semua adalah harus memerlukan dana yang cukup. Untuk mencapai itu semua diperlukan menabung. 

Tetapi, resolusi menabung untuk tahun depan harus dilakukan secara konsisten dan bertahap. Ingat tips-tips yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya! Menabung bisa dilakukan secara bertahap atau juga secara konsisten setiap waktunya, baik itu per hari, per minggu hingga per bulan. Sehingga satu tahun ke depan rencanamu insyaallah akan tercapai.

Lalu adakah cara menabung yang efektif untuk mencapai tujuan finansial di tahun depan?

Jawabannya pasti ada dong! Menabung di masa kini bukan seperti memasukkan uang ke dalam celengan ayam yang tak akan bertambah dan berkembang! Di era digital seperti saat ini menabung dengan konsisten jumlahnya bisa berkembang lebih dari nilai yang kamu tabungkan setiap waktunya. 

Salah satunya adalah mengembangkan keuangan secara syariah di peer to peer lending syariah ALAMI. Ikuti campaign pendanaan di ALAMI dan kamu akan mendapatkan ujrah atau imbal hasil setara dengan 14%-16% per tahun. 

Caranya mudah sekali, kamu cukup unduh aplikasinya di Playstore dan Appstore dan lakukan registrasi. 

Ayo buruan ikuti pendanaan di ALAMI mumpung masih ada promo bagi kamu yang pertama kali mendanai di ALAMI!

Segera unduh aplikasi ALAMI mobile di

atau

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments