content creator
published 25/01/2022 - 4 Min Read

Kerja Sebagai Freelancer Masa Kini: Menjadi Content Creator

Perkembangan internet dan dunia digital semakin pesat. Semua ini karena didukung oleh infrastruktur yang sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Pesatnya dunia digital tentunya dimanfaatkan oleh semua kalangan dan tujuan. Mulai dari tujuan pendidikan hingga tujuan bisnis atau usaha. 

Di dalam dunia usaha, para businessman atau pelaku usaha baik besar, menengah, kecil maupun mikro sudah meninggalkan cara lama untuk mengenalkan produknya kepada calon konsumennya. Saat ini yang menjadi daya tarik pada pelaku bisnis di dunia digital adalah  endorsement via content creator

Cara ini sangat efektif untuk menjangkau banyak orang dan dengan kesamaan minat dengan target audiens yang sesuai dengan yang mereka kehendaki. Ada banyak brand yang tertarik untuk menggunakan jasa content creator untuk melakukan promosi. 

Peran content creator adalah menciptakan konten menarik tentang produk yang akan diiklankan. Tak hanya konten kreatif saja yang mereka harus buat, tapi juga harus bermanfaat bagi para fans atau followernya. Saat ini untuk menjadi seorang content creator tidak harus seorang public figure atau selebritis, tetapi orang biasa pun bisa menjadi terkenal karena menjadi seorang content creator. Bahkan saat ini content creator merupakan sebuah profesi baru yang hadir di industri digital.

Simak berikut ini beberapa penjelasan dari content creator!

Pengertian Content Creator

Content Creator adalah seseorang atau sekumpulan orang yang membuat konten baik itu tulisan, gambar, dan video yang ditampilkan di berbagai platform media sosial yang populer seperti Instagram, Youtube dan lain-lain. 

Konten yang dibuat oleh content creator biasanya tidak terbatas pada gambar, suara dan tulisan saja, tetapi ada yang berbentuk vloging, podcast dan juga petunjuk menggunakan sesuatu atau tutorial.

Sebelum membuat konten yang menarik dan juga menambah wawasan bagi para pengikutnya, seorang content creator wajib juga melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini dilakukan agar konten yang dihasilkan memiliki konsep yang jelas sehingga dapat dimengerti oleh para pengikutnya. Setelah itu, mereka akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten.

Dan tahukah kamu bahwa penghasilan dari seorang content creator bisa menghasilkan ratusan juta rupiah. Hal ini datang dari adsense yang kamu peroleh dari konten yang disebar di berbagai platform media sosial dan juga endorsement produk. 

Yang Dibutuhkan oleh Seorang Content Creator

Menjadi seorang content creator dibutuhkan pengetahuan yang banyak tentang media produksi, komunikasi serta teknik dan metode penyebarannya. Selain itu seorang content creator juga harus tahu alternatif untuk menginformasikan sebuah pesan yang akan disampaikan, dan juga menghibur audiensnya melalui tulisan, lisan atau media visual lainnya. 

Pengetahuan tentang teknik, peralatan, dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar, dan model dibutuhkan untuk menekuni profesi ini. Selain itu seorang content creator juga dituntut untuk multitasking dalam berbagai hal, mulai dari soft skill hingga hard skill, memiliki kemampuan menulis bahasa iklan yang menarik, juga dapat berkolaborasi, sebab seorang content creator yang sukses tidak berdiri sendiri.

Apa bedanya Content Creator dengan Influencer?

Selain content creator kita juga sering mendengar kata influencer. Namun apakah bedanya? Memang keduanya eksis di dunia digital, di berbagai jenis platform media sosial. Keduanya tetap memiliki perbedaan yang jelas. 

Content creator adalah orang-orang yang terkenal lewat karya (konten), sedangkan influencer cenderung memanfaatkan “ketenaran” yang sudah diraih untuk berkarya. Seorang Content Creator dari Amerika Serikat Jesse Ingalls mengatakan content creator merupakan seorang seniman (artist). Ia mengatakan, seorang content creator haruslah memiliki karya yang dihasilkan. 

Dari perkataan Jesse Ingalls tadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan seorang content creator dan influencer dapat dilihat dari karya yang dihasilkannya. 

Seorang influencer lebih cenderung seperti seorang selebriti yang ingin menampilkan berbagai macam kegiatan kesehariannya kepada para pengikut dan penggemarnya. Melalui media sosial, influencer biasanya mengajak pengikut untuk mengenal dirinya lebih dekat dengan berbagai macam cara, salah satunya lewat vlog. Dengan begitu, kedekatan antara influencer dan pengikutnya semakin menguat.

Apa Saja Bidang yang Digeluti oleh Content Creator?

Untuk menjadi seorang content creator banyak sekali bidang yang bisa ditekuni, sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu media atau platform penyebarannya pun sangat beragam, seperti Instagram, YouTube, TikTok, Facebook dan masih banyak lagi. 

Berikut ini contoh dan bidang apa saja yang bisa digeluti untuk menjadi seorang content creator: 

1. Youtuber

Perubahan kebutuhan masyarakat akan media terlihat pada fenomena meningkatnya akses Youtube. Kini menjadi Youtuber bukan sekadar hobi namun sudah menjadi profesi. Biasanya semakin banyak subscriber, semakin tinggi pula penghasilan seorang youtuber. Tak heran jika profesi ini menarik minat banyak orang. Sudah tidak terhitung pula artis yang lahir dari jejaring Youtube ini.

2. Beauty Vlogger

Beauty vlogger adalah salah satu kategori Youtuber yang membuat konten khusus seputar kecantikan. Keinginan banyak wanita untuk tampil cantik membuat mereka rajin mencari tips praktis dari dunia kecantikan. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan seorang beauty vlogger. Pendapatan beauty vlogger sendiri menembus angka puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya, lho.

3. Food Vlogger

Seperti halnya beauty vlogger, food vlogger juga merupakan kategori Youtuber yang membuat konten khusus seputar makanan atau kuliner. Tugasnya, selain mencicipi banyak makanan, juga harus menginformasikan detail tentang makanan yang dicicipinya. Seorang food vlogger juga harus bisa memberikan rekomendasi mana saja tempat makan atau restoran yang enak makanannya dan patut untuk dikunjungi. 

4. Gamer

Game online saat ini mulai marah diminati banyak orang. Tak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun banyak yang minat terhadap game online ini. Ini menjadi satu ladang yang berpotensi bagi calon content creator yang gemar terhadap game. 

Calon content creator yang gemar terhadap game ini bisa membuat konten berupa video, atau tulisan mulai dari review game terbaru hingga tutorial memainkan game tertentu. 

5. Travel Blogger

Bisa dibilang travel blogger adalah salah satu profesi yang paling digemari banyak orang. Selain menyalurkan hobi jalan-jalan, seorang travel blogger juga akan mendapat uang atau menikmati beragam fasilitas bepergian dengan tiket pesawat serta penginapan gratis. Menyenangkan bukan? Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi seputar traveling, membuat profesi sebagai travel blogger kian menjanjikan.

Selain contoh 5 di atas, sebenarnya masih banyak bidang content creator yang bisa digarap sesuai dengan minat dan bakat hingga hobi. Semakin banyak penggemar dan pengikut serta views, maka semakin banyak juga pundi-pundi yang akan dihasilkan dari karya-karya seorang content creator. 

Nah, setelah terkumpul banyak pundi-pundi hasil dari content creator jangan lupa untuk menabung dan juga dikembangkan. Saat ini ada tempat yang sangat baik untuk mengembangkan keuanganmu yakni ALAMI P2P Funding Syariah. 

Dengan mendanai di ALAMI P2P Funding Syariah, kamu akan mendapatkan imbal hasil setara dengan 14-16% pa. Untuk memulainya kamu bisa download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore dan Appstore

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments