Ramadhan Insight
published 20/05/2022 - 2 Min Read

Ramadhan Insight 2022 dari ALAMI

Bulan Ramadhan memang sudah berakhir, dan kita memasuki bulan Syawal, kembali ke fitri meraih kemenangan setelah satu bulan meraih pahala. Bulan Ramadhan merupakan tempat untuk menempa ketebalan keimanan kita khususnya sebagai seorang muslim. 

Antusiasme muslim di seluruh dunia dan juga di Indonesia dalam menyambut Ramadhan tahun ini sangat berbeda dari dua tahun sebelumnya. Di Ramadhan tahun ini pandemi COVID-19 sudah mulai mereda sehingga kegiatan beribadah di masjid selama Ramadhan begitu khusyuk dilakukan oleh muslim di Indonesia. 

Tim Research dari ALAMI telah melakukan survei sebelum dan selama bulan Ramadhan kemarin terhadap lebih dari 300 responden muslim di beberapa kota besar Indonesia. Wilayah yang menjadi sasaran responden survei ini berada di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar dan Bali. 

Responden diambil dari rentang umur 16 tahun hingga 45 tahun dengan jumlah responden laki-laki sebanyak 49,18% dan perempuan 50,82%. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan longitudinal (satu responden akan mengisi survei dua kali secara bersamaan). Penelitian ini juga dilakukan dengan purposive sampling dengan menggunakan kuesioner online (pendekatan kuantitatif). 

Hasil dari survei atau riset ini menunjukkan, di Ramadhan tahun ini kegiatan keagamaan secara offline di masjid mulai ramai kembali setelah pandemi COVID-19 mulai perlahan mereda. Begitu juga dengan kegiatan muamalah, di mana volume transaksi muamalah meningkat selama Ramadhan. Hal ini sejalan dengan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang kembali dibayarkan full oleh setiap perusahaan kepada para karyawannya. Tentunya, pemberian THR secara menyeluruh ini memberikan sukacita kepada semua orang yang mendapatkannya. Harapannya, semangat ibadah khusyuk Ramadhan di tahun ini tetap bisa dibawa hingga bulan-bulan setelah Ramadhan, dan bahkan hingga Ramadhan di tahun berikutnya.

Untuk lebih lengkapnya mengenai survei Ramadhan Insight dari ALAMI, kamu bisa membaca infografis di bawah ini atau kamu bisa mengunduh keseluruhan hasil survei yang dilakukan ALAMI dalam bentuk file pdf. 

Ramadhan Insight

Untuk mengunduhnya, kamu bisa isi terlebih dahulu formulir di bawah ini, kemudian silakan download PDF yang akan muncul di halaman selanjutnya! 

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments