TKB90
published 12/02/2022 - 2 Min Read

Mengetahui Rumus Perhitungan TKB90 di Platform Peer to Peer

Dalam melakukan pendanaan secara online di platform peer to peer lending, ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan. Salah satunya adalah Tingkat Keberhasilan Bayar dalam waktu 90 hari atau TKB90. Unsur TKB90 ini menjadi sangat penting bagi kamu yang sedang mengembangkan keuangannya di platform peer to peer lending.

Dikutip dari hukumonline.com, TKB90 digunakan untuk menunjukkan tingkat keberhasilan platform peer to peer dalam menyelenggarakan proses penyelesaian kewajiban pembayaran nasabah peminjam kepada nasabah pemberi pinjaman dalam jangka waktu 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

TKB90 adalah data yang menunjukkan Tingkat Keberhasilan Bayar dalam kurun waktu 90 hari sejak jatuh tempo. Tentunya pengembalian dari dana yang kamu tanamkan tersebut dikembalikan beserta dengan imbal hasil atau return yang kamu dapatkan sesuai dengan jumlah penanaman dana. 

Semakin tinggi persentase TKB90 semakin baik kinerja fintech tersebut. Jika suatu platform fintech memiliki TKB90 100%, berarti seluruh pinjaman nasabah peminjam melalui platformnya berhasil dilunasi dengan baik dalam waktu 90 hari sejak jatuh tempo. 

Untuk lebih detailnya kamu bisa membaca artikel ALAMI sebelumnya yang berjudul “Kenali Dulu TKB90 Sebelum Tanam Uangmu di Platform Peer to Peer Lending

Rumus Perhitungan TKB 90 100% di Platform Peer to Peer

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan peraturan nomor 77/POJK.01/ tahun 2016 tentang tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Di dalam Peraturan OJK tersebut, perusahaan platform peer to peer lending wajib mempublikasikan tingkat keberhasilan dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pendanaan antara penerima pendanaan kepada pendana dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo. 

Adapun cara perhitungan TKB90 100% adalah sebagai berikut: 

TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara fintech-peer-to-peer (P2P) lending dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

TWP90 adalah ukuran tingkat wanprestasi atau kelalaian penyelesaian kewajiban yang tertera dalam perjanjian di atas 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

TKB90 di ALAMI Masih Terjaga 100%

Berdasarkan data dari OJK per Desember 2021, saat ini TKB 90 untuk seluruh fintech dan platform peer to peer yang ada di Indonesia rata-rata berada di angka 97,71%. Namun, secara khusus peer to peer funding dari ALAMI saat ini masih mempertahankan TKB90-nya di angka 100%. Artinya tingkat keberhasilan pengembalian dana kepada para pendana atau funder di platform peer to peer funding dari ALAMI masih terjaga dengan baik. 

Di peer to peer funding dari ALAMI, Alhamdulillah hingga saat ini belum ada gagal bayar dari beneficiary kepada para funder. Semua pendanaan yang dilakukan oleh pendana telah kembali lagi beserta ujrah atau imbal hasil yang telah ditentukan sebelumnya, yakni berkisar 14% hingga 16% p.a. 

Nah, tunggu apa lagi!? Sudah tidak ada alasan untuk ragu lagi mendanai di peer to peer funding dari ALAMI karena TKB90-nya masih terjaga 100%. Segera download aplikasinya untuk memulai pendanaan. Aplikasi peer to peer funding dari ALAMI sudah tersedia di Play Store dan App Store!

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and pray, no hustle culture. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments