disbursement
published 04/09/2021 - 3 Min Read

Alhamdulillah, Disbursement ALAMI Tembus di Angka Rp1 Triliun

Alhamdulillah impian itu datang juga di hari Jumat 3 September 2021. ALAMI berhasil melakukan disbursement atau penyaluran pendanaan kepada UKM dengan total nilai Rp 1 Triliun. Ini adalah salah satu pencapaian paling signifikan selama ALAMI mulai beroperasi Mei 2019. Penyaluran pendanaan kepada UKM di seluruh Indonesia ini diraih dengan kerja keras dari para squads ALAMI dan tentunya juga dengan ridha dari Allah SWT. 

Ungkapan rasa syukur ALAMI dalam disbursement Rp 1 triliun ini dilakukan dengan khataman Al Qur’an yang dilakukan oleh para squads ALAMI. Khataman dilakukan sejak pagi hari sebelum aktifitas pekerjaan dimulai, sekitar  pukul 07.00 hingga pukul 09.00 WIB. Khataman Al Qur’an dilakukan secara virtual melalui Google Meet, mengingat hampir seluruh squads ALAMI masih bekerja dari rumah atu Work From Home (WFH) karena situasi pandemi. 

Dalam tadarus khataman Al Qur’an setiap divisi dibagi ke dalam beberapa juz dan secara bergilir membaca ayat demi ayat. Kemudian di sore harinya, ba’da Ashar atau pukul 15.30 WIB seluruh Squads ALAMI melaksanakan town hall meeting dengan tema acara Tasyakuran Disbursement Rp 1 Triliun dan TKB90 100 persen. Acara tasyakuran diisi dengan khataman Al Qur’an juz 30 yang dimulai dari CEO Dima Djani, hingga beberapa squad lainnya. 

Dalam acara tasyakur ini juga ada ikhtibar atau pengetesan tahfidz Al Qur’an kepada 3 squads ALAMI yang berhasil menghafal juz 30 AL Qur’an. Ketiganya yakni Relationship Manager Funding Asep Sobarna, Content Manager Melita Rahmalia serta People and Culture Associate, Irsyad Muhammad Farhan. 

Ikhtiar Selama 2 Tahun untuk Disbursement Rp 1 Triliun

Pada kesempatan yang sama, founder dan CEO Dima Djani bersyukur atas pencapaian ini. Menurut Dima selama kurang lebih 2 tahun terakhir ALAMI telah dipercaya oleh puluhan ribu orang untuk mendapatkan pembiayaan khususnya pembiayaan syariah. 

“Alhamdulillah, dalam waktu kurang lebih 2 tahun, kami telah dipercaya oleh puluhan ribu orang yang mulai merasakan keuangan syariah dengan cara termudah, sekaligus mendukung ribuan usaha kecil dan menengah melalui pembiayaan di tengah pandemi,”

DIMA DJANI – CEO ALAMI

Ia mengungkapkan lebih lanjut, bahwa pencapaian disbursement Rp 1 triliun ini bisa ada dengan ridha dari Allah SWT untuk ALAMI mencapai target ini. 

“Dengan pertolongan Allah dan ketekunan, kami akhirnya mencapai tonggak sejarah ini: pencairan pinjaman total Rp 1 Triliun, dengan tetap menjaga 0% NPF (TKB90),” jelas Dima.

Dima juga menjelaskan, pada saat detik-detik terakhir khataman Al-Qur’an, tepatnya di Surat ke-114 yakni surat An-Nas, pencapaian Rp 1 triliun akhirnya berhasil diraih. Dima mengatakan, doa dan harapan para squads ALAMI pada saat itu juga dikabulkan Allah SWT.

“Di detik terakhir, tepat setelah kami menyelesaikan Khatmul Quran, ketika Surat An-Naas telah dibacakan, sekitar pukul 16.30 WIB pada hari Jumat yang diberkahi, pada waktu yang disebut oleh para ulama sebagai “Sa’at al Istijabah”, ketika doa dikabulkan,” terangnya.

Disbursement Diraih dalam 835 Hari 

Rasa syukur juga diungkapkan oleh co-founder lainnya yakni Harza Sandityo, Chief Operations Officer. Harza mengungkapkan penyaluran atau total disbursement ini dilakukan ALAMI kepada UKM di seluruh Indonesia dalam waktu 835 hari. 

Alhamdulillah, Masyaallah, Tabarakallah, Rp 1 triliun dan TKB90 sampai hari ini masih 100% dan diraih dalam waktu 835 hari atau 20.040 jam

Harza Sandityo- COO ALAMI

Harza mengapresiasi kerja seluruh squads ALAMI atas upaya dan usahanya dalam bentuk apa pun. Harza mengatakan seluruh kontribusi squads di ALAMI sangat berperan atas tercapainya disbursement Rp 1 triliun ini. 

“Kita juga makin berkembang, luruskan niat, insyaallah kalau kita bareng-bareng terus akan mudah mencapai target berikutnya, kalau nggak bareng-bareng akan sangat sulit kita bisa kerja sama mencapai hal yang luar biasa,” tegas Harza.

Begitu pun ungkapan rasa syukur dari Co-Founder dan Chief Business Officer Bembi Juniar yang mengungkapkan pencapaian ini hanyalah berupa angka dan yang harus terus dilakukan adalah rasa bersyukur terhadap Allah SWT.

“Alhamdulillah, kita sudah sampai di pencapaian yang baru. Ini hanyalah angka, yang perlu kita lakukan adalah selalu bersyukur sama Allah Ta’ala, semoga Allah slalu menjaga ikhtiar kita semua. Saatnya kita makin memperkuat fundamental/pondasi di ALAMI. Barakallah Squad,”

BEMBI JUNIAR – CBO ALAMI

Testimoni Funder dan Beneficiary

Tak lupa ALAMI juga mengucapkan terima kasih kepada para funder dan para beneficiary yang terus percaya terhadap ALAMI sebagai jalan pengembangan keuangan dan pembiayaan syariah. Di kesempatan yang sama, salah satu funder ALAMI, Lenra Romel mengatakan ALAMI merupakan platform peer to peer lending yang sangat prudent menjaga amanah dari para funder untuk memberikan pembiayaan kepada para UKM. Hal ini terbukti dengan masih terjaganya TKB90 sebesar 100 persen.

“Ini menandakan ALAMI tetap prudent menganalisis borrower, di kondisi pandemi nggak mudah menjaga kualitas. Hal ini membuat kepercayaan funder bertambah. Semoga pencapaian ini lebih banyak berkontribusi ke UMKM yang mana menjadi salah satu penopang perekonomian negara,” kata Lenra. 
Sekali lagi ALAMI mengucapkan Alhamdulillah atas pencapaian disbursement Rp 1 triliun ini. Tentunya pencapaian ini tak lepas dari para funder yang terus mempercayakan ALAMI sebagai tempat untuk mengembangkan keuangannya dan membantu para UKM di Indonesia untuk modal kerja. Bagi kamu yang ingin ikut berkontribusi membantu para UKM di Indonesia dan meningkatkan laju perekonomian bangsa, kamu bisa ikut pendanaan di ALAMI melalui Mobile App yang bisa diunduh melalui Playstore dan App Store.

Adhi Muhammad Daryono

Content Specialist at ALAMI

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

Hard work, patience and prayer. Learners of all things, open to new insights

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments