Alami Sharia | p2p lending syariah
published 24/11/2020 - 3 Min Read

Berikan Perhatian Terbaik Untuk Pendana ALAMI Bersama Thia Gustiasya, Funding Manager

Sebagai Funding Manager di ALAMI Sharia yang selalu berhubungan dengan pendana ALAMI, perempuan yang akrab dipanggil Teha ini menjadi bagian penting dari pencapaian ALAMI untuk meraih record jumlah pendanaan baru setiap bulannya di ALAMI.

Tapi, apapun targetnya, mulai dari rekor pendanaan lebih dari Rp20 miliar di bulan Agustus 2020, Rp21 miliar di bulan September, dan Rp30 miliar di bulan Oktober 2020, Teha punya satu kiat yang sama: menjalin hubungan dengan semua pendana ALAMI dengan tulus dan memberikan perhatian terbaiknya. Teha yakin bahwa kiat inilah yang paling melancarkan pekerjaannya.

#HijrahFinansial dari Bank

Perhatian Terbaik Untuk Pendana ALAMI dari Thia Gustiasya

Kalau teman-teman di sini mungkin banyak yang #HijrahFinansial dari investasi konvensional ke syariah, Teha juga melakukan #HijrahFinansial dari pekerjaannya di bank. Setelah hampir 10 tahun di bank konvensional, Teha mulai gelisah karena sudah terpapar informasi tentang efek riba di mata Islam.

Pindah kerja pun memerlukan waktu yang cukup lama karena P2P lending syariah termasuk bidang yang baru untuk Teha. Teha pun harus riset dan belajar dulu tentang apa itu P2P sebelum memutuskan untuk terjun ke industri ini. Salah satu blog yang membantunya adalah blog Adrian Siaril yang bulan ini baru saja membuat acara bersama ALAMI. Kalau kamu ketinggalan, simak isi webinarnya di sini, ya!

Walaupun sudah ditawari untuk bergabung di ALAMI oleh salah satu co-founder ALAMI terdahulu sejak tahun 2018, namun Teha sendiri baru mantap bergabung di ALAMI bulan Juli 2019.

Sehari sebelum mengajukan surat pengunduran dirinya dari bank, Teha ditawari surat kenaikan pangkat dari tempat kerja sebelumnya. Namun, karena sudah bertekad ingin #HijrahFinansial, Teha tetap pindah ke ALAMI Sharia.

Setelah pindah ke ALAMI, Teha harus banyak beradaptasi lagi. Mulai dari industrinya, sampai ke lingkungan pekerjaan. Namun, ia senang karena di ALAMI budaya kerjanya sangat terbuka dan demokratis, dengan tim yang sangat solid.

“Kalau disini, hampir semua staffnya masih seumuran gue dan beneran pendapat gue bisa langsung didengerin dan dijalanin,” ujarnya.

Teha merasa ALAMI adalah tempat bekerja yang sangat empowering untuk dirinya.

Menurut Teha, pencapaian bisnis saat ini yang berhasil diraih ALAMI pun tidak luput dari solidnya seluruh tim ALAMI Squad, terutama Funding Team, dan juga support dari management terutama sang Chief Business Officer, Bembi Juniar, yang ikutan “turun gunung” untuk melayani semua pendana ALAMI.

Perhatian Terbaik Untuk Pendana ALAMI

Perhatian Terbaik Untuk Pendana ALAMI dari Thia Gustiasya

Teha memulai karirnya setelah lulus kuliah dari Indonesia Banking School dengan ditempatkan di divisi Priority Banking. Teha menjalaninya selama lebih dari 5 tahun, dan ilmu yang didapatkannya dari pekerjaan pertama ini masih sangat jadi andalannya untuk mengembangkan pencapaian pendanaan di ALAMI.

Disanalah Teha belajar untuk memberikan perhatian terbaik untuk para pendana. Apalagi nasabah Priority Banking tentunya menuntut pelayanan yang lebih dan cepat.

“Gue sering lebih banyak ngabisin waktu di kantor nasabah gue, atau bahkan siap siaga saat nasabah gue minta ditemenin belanja dan jalan-jalan,” ujarnya.

Di ALAMI, Teha pun nggak pernah setengah-setengah dalam menjalin hubungan.

“Gue paling pantang jawab WA lama dari nasabah gue, dan cara ini juga yang sangat gue pegang di ALAMI. Bahkan sampai malam jam 11 atau di waktu weekend pun, kalau ada pesan yang masuk dan gue masih bangun, pasti langsung gue jawab. Apalagi pendana pasti kan sibuk ya, mereka memang nanya ke gue kalau memang mereka lagi ada waktunya,” ujarnya.

Prioritas Teha sendiri adalah menjalin hubungan yang genuine dan sincere.

“Kalau pendana sudah merasa nyaman dan percaya, pasti mereka juga nggak keberatan untuk ngasih referral. Selama ini, kita bisa terus mengembangkan pencapaian kita di ALAMI karena ada referral dari pendana-pendana yang sudah merasa nyaman dan percaya,” cerita Teha.

Selain harus bisa menjalin dan mempertahankan hubungan yang baik dengan semua pendana ALAMI, Teha juga belajar banyak tentang persistensi dari pekerjaan sebelumnya.

“Kalau dulu selain gue bisa dapat database dari kantor, ya gue juga harus menyisir wilayah gue. Gue lihat majalah komunitas dan gue datangin satu-satu bisnis yang ada di majalah itu untuk gue tawarin produk. Gue belajar untuk melihat kesempatan apa yang bisa gue follow up, walaupun misalnya produk pertama yang gue tawarin ternyata belum pas,” ujarnya.

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI Sharia juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

Melita Rahmalia

Content Manager at ALAMI

Being able to be part of a teamwork to spread more adoption of Islamic finance in the country is a privilege I'm really grateful for. In my spare time, I try to strike that elusive balance between social time and solitude time.

Being able to be part of a teamwork to spread more adoption of Islamic finance in the country is a privilege I'm really grateful for. In my spare time, I try to strike that elusive balance between social time and solitude time.

guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Tigran Aslam
Tigran Aslam
10 months ago

Mina,, mau saran , Alami merupakan perusahaan yang memiliki kapasitas dan tingkat percayaan yabg cukup tinggi. Izin saran Mina..
Mungkin lain waktu , di masa periode berikutnya , Alami dapat beralih atau menambahkan(inovasi produk) layanan financing melakukan pembiayaan seperti Jual Beli yang dilakukan seperti Leasing Syariah tentunya dengan sesuai Syariah menggunakan aspek akad Murabahah, lalu bisa juga menggunakan salam dan Istishna . Walaupun dengan perjuangan yang pasti lebih berat ,tetapi bismilah Insyallah alami dapat melakukan inovasi produk seperti ini, sebagai alternatif dan mengajak nasabah melakukan transaksi jual beli dengan prinsip syariah .
Selain dari Pembiayaan Peer To Peer (P2P Lending Syariah ) semoga Alami dapat berkembang menjadi salah satu Platfom Fintech dalam Pembiayaan Syariah…
Semangatt Mina..
Salam untuk Staff dan para CEO,
Salam untuk Ka Bembi Juniar..

Tigran Aslam
-Manajemen Keuangan & Perbankan Syariah STEI Indonesia Banking School Jakarta