amal jariyah
published 13/10/2020 - 3 Min Read

Amal Jariyah

Perbuatan baik yang mendatangkan pahala bagi yang melakukannya, meskipun ia telah di akhirat.

Agama Islam selalu mengajarkan umatnya untuk senantiasa berbuat kebajikan dan kasih sayang kepada sesama dalam hal apapun. Pahala dari amal perbuatan tersebut, akan terus mengalir kepadanya hingga ia berada di alam akhirat, atau biasa disebut dengan amal jariyah.

Pengertian dan Dasar Hukum Amal Jariyah

Secara etimologi, amal jariah berasal dari bahasa Arab yaitu “amal” yang berarti perbuatan dan kata “jariah” yang berarti mengalir. Dapat diartikan walaupun yang memberinya sudah meninggal, selama apa yang diamalkan tersebut masih memberikan manfaat bagi kepentingan umum, maka pahala amal jariah tidak akan terputus. Di sinilah kelebihan dari amal jariah daripada amal-amal lain yang hanya diberi balasan sekali dalam satu perbuatan.

Amal jariyah juga disebutkan dalam sebuah hadis Abu Hurairah, yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW , bahwa:

“ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputus lah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.”

(HR. Muslim, no.1631)

Adapun yang dimaksud dalam hadis mengenai tiga amalan yang tidak terputus pahalanya adalah:

  • Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah ialah sesuatu yang terus menerus manfaatnya seperti wakaf tanah, wakaf buku-buku untuk lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren, dan lain-lain.

  • Ilmu yang Bermanfaat

Apabila kedua orang tua mendidik anak agar tekun membaca, menulis, dan mencintai Al-Qur’an hingga mengamalkannya, maka keduanya akan mendapatkan hadiah spesial di akhirat kelak. Dalam sebuah hadis telah disebutkan:

“Barang siapa membaca Al-Quran dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahaya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia.”

(HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu’adz bin Jabal. Shahih. Al-Matjarur-Rabih hlm. 524 no.1084).

  • Doa Anak Sholeh

Doa kepada orang tua adalah kebaktian yang dapat dilakukan seorang anak kepada orang tuanya yang telah meninggal dunia. Doa dari seorang anak akan terus mengalir bagi kedua orang tuanya disaat amal-amal lainnya telah terputus.

Macam-Macam Amal Jariyah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya yang didapati oleh orang yang beriman dari amalan dan kebaikan yang ia lakukan setelah ia mati adalah: (1) Ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan. (2) Anak shalih yang ia tinggalkan. (3) Mushaf Al-Qur’an yang ia wariskan. (4) Masjid yang ia bangun. (5) Rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun (6) Sungai yang ia alirkan. (7) Sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. Semua itu akan dikaitkan dengannya setelah ia mati.”

 (HR. Ibnu Majah, no. 242; Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman)

berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah tersebut dapat kita uraikan penjelasan tujuh amal jariyah itu sebagai berikut:

  • Menyebarkan Ilmu Pengetahuan yang Bermanfaat

Dengan kita menyebarkan ilmu yang kita miliki Baik melalui pendidikan formal maupun nonformal, baik dalam diskusi, ceramah, dakwah, dan sebagainya. Termasuk menulis buku yang berguna dan mempublikasikannya, merupakan salah satu bentuk amal jariyah yang pahalanya akan terus kita terima.

  • Mendidik Anak Menjadi Anak yang Saleh

Dengan kita mendidik anak menjadi anak yang saleh, maka kebaikan yang telah diperbuat oleh anak saleh tersebut, mengalir lah pahalanya untuk kedua orang tuanya meskipun kedua orang tuanya tersebut telah wafat.

  • Mewariskan Mushaf (Buku Agama)

Amalan ini dapat dilakukan dengan cara, mewariskan mushaf atau buku agama kepada orang yang dapat memanfaatkannya untuk kebaikan diri sendiri ataupun masyarakat. Maka akan memperoleh amal jariyah.

  • Membangun Masjid

Orang yang membangun masjid akan mendapatkan pahala seperti orang yang beribadah di dalam masjid tersebut. Bahkan Allah akan mendirikan rumah untuknya di surga. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW,

”Barangsiapa yang membangun sebuah masjid karena Allah walau sekecil apa pun, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga”.

 (HR. al-Bukhari dan Muslim)

  • Membangun Panti Asuhan

Amal jariyah lainnya yang dapat kita lakukan ialah dengan membantu mendirikan panti asuhan. Membangun sebuah panti asuhan tentunya akan menjadi pahala yang terus mengalir bagi siapa pun yang dapat mewujudkannya hal ini karena anak yatim merupakan kaum yang difirmankan Allah SWT sebanyak 32 kali di dalam Al-Qur’an.

  • Mengalirkan Air Bersih Secara Baik

Bagi siapapun yang dapat menyediakan sumber air bersih atau menggali sumur ke tempat-tempat orang yang membutuhkannya, maka meski orang yang mengalirkan air itu telah wafat, pahala dari amalan tersebut tidak akan terputus. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW,

Barang siapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan memberinya pahala kelak di hari kiamat.”

(HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah)

  • Menyedekahkan Sebagian Harta

Seseorang yang menyedekahkan sebagian hartanya secara ikhlas untuk Allah SWT maka, akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda kepadanya. Apabila harta yang ia berikan dapat menjadi hal yang bermanfaat, maka pahala  tersebut akan terus mengalir kepadanya.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Amal_jariah#cite_note-1

https://news.detik.com/berita/d-5161528/hadits-tentang-3-amal-yang-tidak-terputus-meskipun-sudah-wafat

https://umma.id/post/agar-pahala-mengalir-lakukan-7-macam-amal-jariyah-ini-705483?lang=id

https://blog.kitabisa.com/amal-jariyah-untuk-sempurnakan-ibadah/

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

0
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments