elastisitas
published 09/09/2020 - 3 Min Read

Elastisitas

Elastisitas mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.Di dalam ilmu ekonomi, adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variabel lainnya. Dengan kata lain, elastisitas mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi dari konsumen terhadap perubahan harga.Ilmu mengenai seberapa besar dampak perubahan harga terhadap permintaan sangatlah penting, terutama bagi produsen. Ilmu ini biasanya akan digunakan sebagai pedoman seberapa besar ia harus mengubah harga produknya. Hal ini sangat berkaitan dengan seberapa besar penerimaan penjualan yang akan diperoleh.

2 Jenis Elastisitas

Permintaan

Dalam dunia ekonomi, digunakan untuk  mengukur kepekaan dari perubahan jumlah permintaan barang apabila terdapat perubahan harga dari barang tersebut.Sebagai contoh, terdapat produk barang atau jasa mengalami penurunan harga, dan dengan adanya penurunan harga tersebut membuat  jumlah permintaan meningkat terhadap barang atau jasa tersebut.Apabila, dilihat dari rasio persentase perubahan harga dengan perubahan permintaan barang atau jasa terdapat 5 (lima) penilaian, antara lain:
  • Permintaan Elastis (Ed > 1)
Permintaan ini terjadi apabila nilainya berada di atas angka 1, maka besaran permintaan barang dipengaruhi oleh besar dan kecilnya harga.
  • Permintaan Inelastis (Ed < 1)
Permintaan ini terjadi apabila nilainya berada di bawah angka 1, maka besaran permintaan barang atau jasa tidak dipengaruhi oleh besar dan kecilnya harga.
  • Permintaan Elastisitas Unitary (Ed = 1)
Terjadi apabila perubahan permintaan sebanding dengan perubahan harga, atau juga dapat diartikan perubahan harga diikuti oleh perubahan jumlah permintaan yang sama .
  • Permintaan Inelastis Sempurna (Ed = 0)
Permintaan ini terjadi apabila perubahan harga sama sekali tidak berpengaruh terhadap jumlah permintaan.
  • Permintaan Elastisitas Sempurna (Ed = ~)
Permintaan ini terjadi apabila perubahan permintaan tidak memberikan dampak sama sekali terhadap perubahan harga

Penawaran

Dalam dunia ekonomi, mendefinisikan pengaruh terhadap besar atau kecilnya level kepekaan perubahan jumlah barang yang ditawarkan akibat adanya perubahan harga dari barang tersebut. hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti:
  1. Ketersediaan barang (source availability).
  2. Banyaknya produsen yang memproduksi barang tersebut (producer amount).
  3. Inovasi teknologi (innovation of technology).
Sama seperti sebelumnya terdapat 5 (lima) penilaian atas jenis ini, antara lain:
  • Penawaran Elastis (Es > 1)
Penawaran ini terjadi apabila persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih besar daripada persentase perubahan harga
  • Penawaran Inelastis (Es < 1)
Penawaran ini terjadi apabila perubahan harga diikuti dengan jumlah penawaran yang lebih besar.
  • Penawaran Elastisitas Unitary (Es = 1)
Penawaran ini terjadi apabila persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan sama dengan persentase perubahan harga barang tersebut.
  • Penawaran Inelastis Sempurna (Es = 0)
Penawaran ini terjadi apabila perubahan harga yang terjadi tidak berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan.
  • Penawaran Elastisitas Sempurna (Ed = ~)
Penawaran ini terjadi apabila perubahan penawaran tidak disebabkan oleh perubahan harga.Koefisien elastisitas penawaran dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:Koefisien elastisitas penawaran = (ΔQ : ΔP) x (P : Q)ΔQ: perubahan jumlah barang yang ditawarkanΔP: perubahan harga barangP: harga awal barangQ: jumlah awal barangSebagai contoh, apabila ada suatu barang mengalami perubahan harga (dalam hal ini mengalami kenaikan) sebesar 10 persen, maka hal ini lantas berakibat pada perubahan jumlah barang yang ditawarkan, yakni meningkat sekitar 20 persen.Besaran nilai koefisien ini kemudian menjadi penentu apakah terjadi elastisitas atau tidak (inelastis). Apa indikatornya? Apabila nilai koefisien lebih besar dari 1 persen, maka penawaran dapat dikatakan elastis. Sebaliknya, jika nilai koefisien lebih kecil dari 1 persen, itu artinya penawaran inelastis.Pada kasus nilai koefisien elastisitas setara dengan 1, maka hal ini disebut sebagai penawaran unitary atau penawaran normal.Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Elastisitas_(ekonomi)https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/13/143227969/konsep-elastisitas-dalam-kegiatan-ekonomi?page=allhttps://kamus.tokopedia.com/e/elastisitas-permintaan/https://kamus.tokopedia.com/e/elastisitas-penawaran/Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!
0
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments