elastisitas
published 09/09/2020 - 3 Min Read

Variabel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia variabel adalah sesuatu yang dapat berubah-ubah, berbeda-beda, bermacam-macam (tentang mutu, harga, dan sebagainya). Sedangkan, Variabel ekonomi adalah setiap pengukuran yang membantu menentukan bagaimana suatu ekonomi berfungsi.

Terdapat dua tipe variabel ekonomi dasar yang perlu kamu ketahui. Pertama independen adalah yang dapat mengambil nilai yang berbeda dan dapat menyebabkan perubahan yang sesuai dalam variabel lain. Kedua dependen adalah yang dapat mengambil nilai yang berbeda hanya dalam menanggapi variabel independen.

Variabel Ekonomi Mikro

Dari penggunaan istilahnya ekonomi mikro tentunya akan mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup yang lebih kecil atau sempit. Ekonomi mikro difokuskan pada aspek analisis atau variabel-variabel seperti:

Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah sejumlah produk baik barang atau jasa yang dibeli atau diminta atau dipesan oleh konsumen pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah sejumlah produk baik barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan oleh produsen dalam waktu dan tempat tertentu. Dalam dunia ekonomi, permintaan dan penawaran merupakan dua hal yang berkaitan dan sangat penting. Pembentukan harga barang dan jasa terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antar pihak penjual dan pembeli dan kesepakatan harga dapat menghasilkan keseimbangan harga di pasar.

Elastisitas

Elastisitas harga juga termasuk ke dalam variabel ekonomi mikro baik elastisitas dalam penawaran maupun elastisitas dalam permintaan. Elastisitas permintaan adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah suatu produk yang diminta. Sedangkan elastisitas penawaran adalah sebuah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah produk yang ditawarkan.

Teori Perilaku Konsumen

perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen juga disebut sebagai teori nilai guna barang atau jasa.

Pasar

Salah satu variabel ekonomi mikro yang jadi ruang lingkupnya adalah pasar. Pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Terdapat jenis-jenis pasar dilihat dari persaingannya misalnya seperti pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli serta pasar persaingan monopolistik.

Mekanisme Harga

mekanisme harga adalah fenomena yang sering terjadi karena harga yang ada di pasaran itu fleksibel, jadi harga bisa berubah kapanpun jika memang situasi kondisinya memungkinkan. Mekanisme harga sering terjadi dalam suatu transaksi karena biaya dari barang dan jasa yang dijual bersifat fleksibel.

Variabel ekonomi Makro

Berbeda dengan ekonomi mikro, pada ekonomi makro mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup yang lebih luas, seperti:

Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional atau disebut juga dengan Produk Domestik Bruto (PDB) adalah jumlah nilai barang dan jasa akhir dalam suatu periode tertentu yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dan dihitung berdasarkan nilai pasar. Dari Pendapatan Nasional bisa dilihat tingkat perkembangan ekonomi suatu negara. Untuk menghitung pendapatan nasional sebuah negara maka dilakukan perhitungan terhadap:

  1. Nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu Negara
  2. Nilai berbagai jenis pengeluaran atas produk nasional
  3. Jumlah pendapatan yang diterima oleh berbagai faktor produksi yang digunakan

Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja merupakan banyaknya lapangan kerja yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh para angkatan kerja (pencari kerja) di suatu negara. Idealnya, kesempatan kerja pada suatu negara harus mampu menyerap angkatan kerja sehingga jumlah pengangguran berkurang.

Laju Inflasi

Inflasi adalah meningkatnya harga-harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus. Inflasi juga bisa dikatakan sebagai penurunan nilai uang terhadap nilai barang atau jasa. Indikator yang sering digunakan untuk mengukur laju inflasi adalah harga rata-rata suatu barang atau jasa yang dikonsumsi rumah tangga (harga pasaran suatu barang) atau disebut Indeks Harga Konsumen (IHK).

Investasi

Investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Investasi adalah akumulasi bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Sehingga, saat investasi dilakukan, orang atau perusahaan bermaksud untuk mengeluarkan uang pada hari ini untuk dijadikan tambahan kekayaan atau penghasilan di masa depan. Investasi dalam skala besar juga mempengaruhi perekonomian suatu negara. Karena investasi memungkinkan terjadinya dan atau meningkatnya proses produksi, dan terbukanya lapangan kerja di dalam suatu negara.

Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran adalah ringkasan dari catatan transaksi-transaksi ekonomi yang terjadi dalam suatu periode tertentu antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lainnya. Dalam neraca pembayaran dapat terlihat arus penerimaan dan penerimaan devisa suatu negara. Juga bisa diketahui perubahan neto cadangan devisa suatu negara. Transaksi tersebut diklasifikasikan ke dalam:

  1. Transaksi berjalan, terdiri atas ekspor ataupun impor barang dan jasa
  2. Transaksi modal, terdiri atas arus modal sektor pemerintah maupun swasta, baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Lalu lintas moneter adalah perubahan dalam cadangan devisa.

Sumber:

https://kamus.tokopedia.com/v/variabel/

https://www.zonareferensi.com/ruang-lingkup-ekonomi-mikro/

https://ajaib.co.id/definisi-ekonomi-makro-serta-variabel-variabel-di-dalamnya/

Yuk, lakukan hijrah finansial melalui pendanaan untuk UKM dengan prinsip syariah dan didukung proses yang nyaman, aman, dan efisien dengan teknologi. Platform peer-to-peer financing syariah ALAMI mempertemukan UKM dengan pemberi pendana. Teknologi kami menganalisa ratusan data untuk menghasilkan pembiayaan yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang baik. Daftar sekarang untuk menjadi pendana ALAMI dan nikmati kemudahan proses pembiayaan syariah yang lebih efisien, akurat dan transparan.

ALAMI juga telah meluncurkan ALAMI Android Mobile App. Klik link ini untuk install ALAMI Mobile App sekarang!

Melita Rahmalia

Content Manager at ALAMI

Being able to be part of a teamwork to spread more adoption of Islamic finance in the country is a privilege I'm really grateful for. In my spare time, I try to strike that elusive balance between social time and solitude time.

Being able to be part of a teamwork to spread more adoption of Islamic finance in the country is a privilege I'm really grateful for. In my spare time, I try to strike that elusive balance between social time and solitude time.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments