Bantuan
  1. Ketentuan Umum
    1. PT Alami Fintek Sharia ("ALAMI") adalah Perusahaan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (“LPBBTI”) yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan LPBBTI berdasarkan prinsip Syariah dan merupakan bagian dari PT Alami Teknologi Sharia beserta seluruh afiliasinya yang tergabung dalam ALAMI Group (“ALAMI Group”).
    2. ALAMI tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia serta ketentuan syariah dalam setiap aktivitas operasionalnya, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /POJK.05/2022 Tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi ("POJK 10"), Undang-undang Nomor 27 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Data Pribadi (“UU PDP”) dan Fatwa Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia Nomor 117/DSN-MUI/II/2018 (“Fatwa 117”).
    3. LPBBTI dengan prinsip Syariah ("Layanan") adalah layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi dana dengan penerima dana secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
    4. Layanan ini disediakan ALAMI sesuai dengan kebijakan, aturan serta prosedur internal yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya.
    5. Layanan ini disediakan dan diberikan ALAMI melalui Platform milik ALAMI.
    6. Platform ALAMI adalah (a) situs web dan/atau aplikasi mobile dari situs web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh ALAMI yang saat ini dapat diakses pada URL p2p.alamisharia.co.id berikut perubahannya dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile dari p2p.alamisharia.co.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh ALAMI, termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
    7. Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh Pengguna Platform ALAMI.
    8. Tim Layanan Konsumen adalah tim internal ALAMI yang bertugas melayani para Pengguna Platform ALAMI sehubungan dengan manajemen Data Pribadi Pengguna.
    9. Data Pribadi Pengguna adalah data tentang orang perseorangan Pengguna ALAMI yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik.
    10. Pemrosesan adalah tindakan oleh ALAMI yang meliputi memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, memperbaiki, memperbarui, menampilkan, mengumumkan, mentransfer, menyebarluaskan, mengungkapkan, menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna dengan memerhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Ketentuan Khusus
    1. Ruang Lingkup
      1. ALAMI berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna Pengguna sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi Pengguna tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk pemberian fasilitas Pembiayaan dan pelaksanaan kegiatan operasional, pemberian jasa, layanan, dan pengoperasian Platform ALAMI sesuai dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini, dengan ketentuan bahwa hal-hal tersebut tidak berlaku untuk Data Pribadi Pengguna yang:
        1. suatu pihak dapat membuktikan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi Pengguna tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari Pihak yang Mengungkapkan;
        2. Data Pribadi Pengguna tersebut telah diketahui publik tanpa melanggar Hukum yang berlaku;
        3. Telah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena pelanggaran oleh Pihak yang Menerima atau Perwakilannya;
        4. Data Pribadi Pengguna diperoleh secara sah oleh pihak lain tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
        5. Data Pribadi Pengguna tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, instansi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut Hukum yang berlaku; dan/atau
        6. Data Pribadi Pengguna yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan Informasi Rahasia yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.
      2. Ruang Lingkup atau cakupan definisi Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen pengunjung, Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan, direktur, pegawai atau kuasanya, kuasa atau wali, pemilik, pemberi dana utama, partner, penyedia jasa bagi Pengguna, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan pihak-pihak lain yang terkait), pola atau kebiasaan Pengguna dalam mengakses Platform ALAMI, profil risiko, portfolio pemberian pembiayaan, sejarah pencarian atau penggunaan layanan serta sejarah transaksi yang Pengguna lakukan di Platform ALAMI, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan penggunaan Platform ALAMI oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi Pengguna yang:
        1. dipersyaratkan atau diperoleh ALAMI dari Pengguna atau diserahkan, disingkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform ALAMI atau sumber daya ALAMI;
        2. diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari Pengguna;
        3. dikumpulkan oleh ALAMI ketika Pengguna berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh ALAMI, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Pengguna;
        4. diperoleh atau diakses secara sah oleh ALAMI berdasarkan kebijakan dan prosedur internal ALAMI terkait Layanan ALAMI selama Pengguna masih terikat pada Kebijakan Privasi ini; dan/atau
        5. wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Pengguna secara menurut ketentuan Perjanjian Keanggotaan dan/atau Perjanjian Pembiayaan atau secara sukarela dari waktu ke waktu.
    2. Tujuan
      1. ALAMI berhak melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna dalam rangka atau terkait dengan (“Tujuan”):
        1. Mengelola akurasi informasi yang Pengguna berikan;
        2. Asesmen, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) permohonan atau aplikasi perolehan pembiayaan; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Pembiayaan; dan/atau (iii) profil Pengguna;
        3. Pemenuhan hak dan kewajiban ALAMI berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, Perjanjian Keanggotaan, Perjanjian Pemberian Kuasa dan/atau Perjanjian Pembiayaan Syariah;
        4. Pelaksanaan dan pengawasan atas pelaksanaan Perjanjian Keanggotaan, Perjanjian Pemberian Kuasa dan/atau Perjanjian Pembiayaan;
        5. Pelaksanaan kegiatan operasional ALAMI dan/atau ALAMI Group dari waktu ke waktu dengan itikad baik;
        6. Survey, riset, evaluasi, pengembangan, dan/atau pemasaran produk dan/atau layanan oleh ALAMI dan/atau ALAMI atau pihak terkait yang berkepentingan yang dapat ditunjuk oleh ALAMI dan/atau ALAMI Group;
        7. Untuk memberikan informasi berupa (antara lain) berita terkini mengenai ALAMI, materi promosi, proses pendaftaran, dan/atau informasi lainnya terkait produk dan/atau layanan ALAMI kepada Pengguna melalui media komunikasi pribadi, termasuk namun tidak terbatas pada Surat Elektronik (e-mail) dan/atau WhatsApp.
        8. Mempelajari perilaku pengunjung dan Pengguna Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi; dan
        9. Penegakan hukum dan kepatuhan ALAMI terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.
      2. Tujuan di atas tetap menjadi landasan bagi ALAMI untuk melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang diatur pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, menyerahkannya atau mengungkapkannya dengan itikad baik kepada:
        1. bank, biro penilai kredit, agen, mitra, atau penyedia jasa penunjang lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada jasa perbankan, penagihan, pengiriman dana, administrasi, surat menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan, visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, proses data, teknologi informasi, komputer, pembayaran, pengumpulan hutang, pengecekan referensi kredit, atau keamanan atau jasa lain yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna;
        2. Individu dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari ALAMI Group dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna untuk tujuan tertentu;
        3. Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah lainnya baik atas inisiatif ALAMI atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah;
        4. Setiap pihak atau calon pengalihan dari ALAMI atau pemindahan dari ALAMI dalam hubungannya dengan Penerima Pembiayaan, atau seluruh maupun sebagian aset atau bisnis ALAMI; dan/atau
        5. pihak-pihak yang memberikan atau mengajukan untuk memberikan jaminan atau jaminan pihak ketiga untuk menjamin atau menjaga kewajiban Penerima Pembiayaan.
      3. Pemrosesan Data Pribadi Pengguna dilakukan oleh Karyawan ALAMI dan/atau Karyawan penugasan yang berada dibawah naungan ALAMI Group dan telah memperoleh Surat Penugasan oleh Manajemen ALAMI.
    3. Cara Memperoleh, Pengumpulan Dan Penyimpanan Data Pribadi Pengguna
      1. ALAMI berkomitmen untuk melakukan Pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan prinsip Perlindungan Data Pribadi meliputi:
        1. Dilakukan secara terbatas dan spesifik, sah secara hukum, dan transparan;
        2. Dilakukan sesuai dengan Tujuan;
        3. Dilakukan dengan menjamin hak Pengguna;
        4. Dilakukan Secara Akurat, lengkap, tidak menyesatkan, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan;
        5. Dilakukan dengan melindungi keamanan Data Pribadi Pengguna dari pengaksesan yang tidak sah, pengungkapan yang tidak sah, pengubahan yang tidak sah, penyalahgunaan, perusakan, dan/atau penghilangan Data Pribadi Pengguna;
        6. Dilakukan dengan memberitahukan tujuan dan aktivitas Pemrosesan, serta kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
        7. Dimusnahkan dan/atau dihapus berdasarkan permintaan Pengguna atau berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau
        8. Dilakukan secara bertanggungjawab dan dapat dibuktikan secara jelas.
      2. ALAMI berhak melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Platform ALAMI, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya ALAMI, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan ALAMI, maupun diakses ALAMI atau diajukan oleh Pengguna melalui atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang ALAMI atau Pengguna gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan Layanan ALAMI atau Platform ALAMI.
      3. Masa retensi atas penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh ALAMI tunduk dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Pernyataan dan Jaminan
      1. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi Pengguna yang diungkapkan dan diserahkan kepada ALAMI adalah benar dan akurat.
      2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin akan tunduk dan patuh pada seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan.
      3. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait sebagaimana disebutkan dalam nomor 1 huruf b pada Kebijakan Privasi ini, dalam hal Pengguna mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan ALAMI, sehingga ALAMI dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 2 Kebijakan Privasi ini.
    5. Komitmen ALAMI Terhadap Data Pribadi Pengguna
      1. ALAMI hanya akan melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan Tujuan yang dimaksud dalam Kebijakan Privasi ini.
      2. Apabila terdapat maksud dan tujuan selain yang ditentukan dalam Kebijakan Privasi ini, ALAMI akan menyampaikan hal tersebut secara eksplisit, sah, telah ditentukan, dan tidak akan melakukan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna kecuali berdasarkan persetujuan Pengguna.
      3. ALAMI dapat menyediakan informasi terkait Pemrosesan Data Pribadi Pengguna secara transparan dan mudah dipahami oleh Pengguna melalui Tim Layanan Konsumen.
      4. ALAMI melaksanakan Pemrosesan Data Pribadi Pengguna dengan tunduk dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    6. Batasan dan Ganti Rugi
      ALAMI berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Pengguna kepada siapapun. Namun ALAMI tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengguna dalam wujud apapun termasuk resiko kerugian yang diakibatkan atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan ALAMI dan/atau ALAMI Group maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait ALAMI dan/atau ALAMI Group lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:
      1. ALAMI dan/atau ALAMI Group tidak akan memberi ganti rugi, merespon dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifikasi, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian ALAMI dan/atau ALAMI Group berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
      2. ALAMI tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh ALAMI sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan
      3. ALAMI tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Pengguna tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari ALAMI maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait ALAMI dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan. Namun demikian, ALAMI tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Pengguna perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika ALAMI mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.
    7. Hak Pengguna Atas Data Pribadi Pengguna
      1. Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada ALAMI untuk tujuan melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atauketidakakuratan Data Pribadi Penggunaa yang sebelumnya telah diperoleh atau diserahkan kepada ALAMI.
      2. Pengguna dapat mengakses dan memperoleh salinan Data Pribadi Pengguna miliknya sendiri.
      3. Dalam hal Pengguna menghendaki pengakhiran atau pembatalan sebagai Pengguna Platform ALAMI, maka;
        1. Pengguna dapat mengajukan permohonan pengakhiran pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Pengguna kepada ALAMI; dan/atau
        2. Pengguna mengajukan permohonan untuk menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang telah diserahkan kepada ALAMI.
      4. Pengguna dapat mengajukan keberatan kepada ALAMI apabila terdapat ketidaksesuaian dengan profil sesungguhnya dari hasil Pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang dilakukan secara otomatis oleh ALAMI.
      5. Pengguna dapat mengajukan penundaan dan/atau pembatasan atas Data Pribadi Pengguna apabila Pemrosesan tersebut diluar dari tujuan pemrosesan Data Pribadi Pengguna.
      6. Hak Pengguna sebagaimana disebutkan pada poin (a) sampai dengan (e) akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur internal ALAMI yang tahapannya adalah sebagai berikut:
        1. Permohonan yang diajukan oleh Pengguna wajib disampaikan melalui telepon, surat elektronik (e-mail) dan/atau live chat kepada ALAMI melalui Tim Layanan Konsumen;
        2. Tim Layanan Konsumen melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan yang diajukan oleh Pengguna;
        3. Tim Layanan Konsumen memberikan informasi kepada Pengguna atas disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya verifikasi;
        4. ALAMI melaksanakan permohonan yang diajukan oleh Pengguna dalam jangka waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Tim Layanan Konsumen menyampaikan kepada Pengguna bahwa permohonan tersebut telah disetujui; dan
        5. Tim Layanan Konsumen dengan segera akan menyampaikan kepada Pengguna terkait hasil pelaksanaan atas permohonan Pengguna .
      7. Dalam hal Data Pribadi yang diberikan kepada ALAMI merupakan Data Pribadi milik anak di bawah umur (yaitu berusia dibawah 18 tahun), maka orang tua atau wali anak tersebut dapat meminta penghapusan Data Pribadi yang dimaksud dengan mengirimkan permohonan kepada ALAMI dengan mengikuti tata cara sebagaimana disebutkan sebelumnya.
    8. Perubahan Kebijakan Privasi
      ALAMI dapat melakukan perubahan atau pembaruan atas Persetujuan dari Pengguna terhadap Kebijakan Privasi pada halaman ini dari waktu ke waktu dan apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan melalui e-mail dan/atau melalui cara lainnya kepada Pengguna. Selanjutnya Pengguna dianggap telah melakukan persetujuan dalam hal tidak terdapat sanggahan dan/atau penolakan tertulis atas perubahan dimaksud paling lambat 3 x 24 jam sejak disampaikannya perubahan dan/atau pembaharuan dimaksud.