impact report

ALAMI Impact Report: Salurkan Total Pendanaan Hingga Rp 1,5 Triliun dan Ciptakan 30 Ribu Lapangan Kerja

Pandemi COVID-19 yang melanda 2 tahun ke belakang sangat berdampak pada pertumbuhan perekonomian. Khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa, sangat terasa dampaknya. 

Pembiayaan produktif untuk UMKM merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dan bangkit usai pandemi. Peran teknologi finansial (Tekfin) untuk pembiayaan produktif sangat dirasakan manfaatnya bagi UMKM, di tengah sulitnya mendapatkan pembiayaan dari perbankan. 

Namun, pada masa pandemi lalu, keuangan syariah tak terlalu berdampak signifikan dibanding keuangan konvensional. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2021 lalu merilis laporan yang menyebutkan ekonomi dan keuangan syariah selama pandemi menunjukkan resiliensi atau ketahanannya selama pandemi COVID-19. 

Berkaca dari hal tersebut, ALAMI sebagai pelaku industri keuangan syariah yang berbasis digital dan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan bagi keberlangsungan ekonomi banyak orang. 

Pembiayaan ALAMI Tumbuh Positif Selama 2021

Tahun 2021 adalah tahun kedua pandemi COVID-19. Namun, bagi ALAMI pandemi bukanlah halangan untuk terus memberikan pembiayaan bagi UMKM di seluruh Indonesia. Selama tahun 2021 ALAMI telah menyalurkan pembiayaan produktif kepada 7.500 proyek UMKM di seluruh Indonesia, dengan total Rp 1,5 triliun. Angka tersebut tumbuh sebesar 500% dari tahun-tahun sebelumnya.  

Pembiayaan produktif dari ALAMI pun tak hanya menumbuh kembangkan UMKM tetapi juga membuka lapangan pekerjaan sebanyak 30.500. Sebanyak 12.000 lapangan kerja formal dan 12.000 lapangan kerja informal berhasil tercipta dari penyaluran pembiayaan produktif di sektor ekonomi riil sepanjang 2021. 

“Kami bersyukur dan bangga dapat bertumbuh secara positif dan sehat. Pada 2021, akumulasi total pembiayaan produktif ALAMI mencapai Rp 1,5 triliun, meningkat 500% dari tahun sebelumnya dengan penyaluran kepada 7.500 proyek UMKM di seluruh Indonesia. Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan para pendana, penerima pembiayaan, serta para pemangku kepentingan yaitu Bank Indonesia, OJK, KNEKS, asosiasi, dan berbagai komunitas muslim dan ulama,” ujar CEO ALAMI Group Dima Djani.

Capaian ALAMI yang telah disebutkan di atas sudah terangkum lengkap dalam Impact Report yang diluncurkan pada Selasa 6 September 2022. Laporan ini diluncurkan sebagai sebagai rekam jejak perjalanan serta komitmen ALAMI dalam memberikan dampak positif berkelanjutan bagi masyarakat.

Impact Report Sebagai Transparansi dan Akuntabilitas ALAMI

Impact report ini diluncurkan dan bisa diakses oleh publik sebagai bukti transparansi dan akuntabilitas ALAMI dan dapat menjadi menciptakan dampak positif bagi masyarakat, serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

ALAMI Impact Report ini juga menjadi bagian kerangka Sustainability Report yang menjadi salah satu poin dalam implementasi prinsip praktik bisnis berkelanjutan dan komunikasi yang informatif yang sesuai dengan POJK No. 51.

ALAMI Impact Report berisi tentang kinerja bisnis ALAMI sebagai perusahaan tekfin berbasis syariah dalam menciptakan dampak ekonomi dan sosial secara berkelanjutan melalui produk peer-to-peer financing. 

Apa Saja yang Ada di dalam Impact Report ?

Di dalam ALAMI Impact Report terdapat gambaran potret daya dukung layanan keuangan syariah terhadap ketahanan ekonomi pada masa pandemi COVID-19. Impact Report juga memuat kontribusi ALAMI terhadap indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dan implementasi Sustainable Finance melalui layanan keuangan syariah, serta rencana pengembangan inovasi ALAMI untuk beberapa tahun ke depan. 

Untuk mendapatkan ALAMI Impact Report secara lengkap, bisa diunduh melalui link berikut ini

Unduh di sini!

Ikut Andil dalam Pembangunan Pembangunan

Dampak signifikan yang dirasakan dari pembiayaan produktif dari ALAMI tak lepas dari peran aktif para pendana yang mengembangkan keuangan dan asetnya di ALAMI. Menjadi pendana di ALAMI tak hanya ikut memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, juga memberikan dampak yang besar bagi pengembangan keuangan dan asetmu.

Ayo ikuti pendanaan di ALAMI dan menjadi bagian dari pembangunan yang berkelanjutan untuk memberikan dampak bagi semua orang. Selain itu, kamu akan mendapatkan ujrah atau imbal hasil dari pendanaanmu sebesar atau setara 14-16% pa. 

Unduh aplikasinya di 

Artikel Terbaru

Mau Punya Penghasilan Tambahan? Yuk, Danai dan Raih Bonus Hingga Rp100rb

Di situasi ekonomi yang tak menentu seperti saat ini, terkadang muncul perasaan...

BPJS Ketenagakerjaan untuk Pekerja UMKM, Perlukah?

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan tombak perekonomian Indonesia. Sayangnya masih...

Memahami Jenis Risiko Pengembangan Dana di Platform P2P

Setiap jenis instrumen investasi pasti memiliki risikonya masing-masing. Hanya saja yang membedakan...

Exit mobile version