Bantuan
  1. Ketentuan Umum
    1. PT Alami Fintek Sharia ("ALAMI") adalah Perusahaan Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan prinsip Syariah dan merupakan bagian dari PT Alami Teknologi Sharia beserta seluruh afiliasinya yang tergabung dalam ALAMI Group (“ALAMI Group”).
    2. ALAMI tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia serta ketentuan syariah dalam setiap aktivitas operasionalnya, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi ("POJK 77") dan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia Nomor 117/DSN-MUI/II/2018 (“Fatwa 117”).
    3. Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dengan prinsip Syariah ("Layanan") adalah layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pembiayaan dengan penerima pembiayaan dalam rangka penyediaan fasilitas pinjaman dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
    4. Layanan ini disediakan ALAMI sesuai dengan kebijakan, aturan serta prosedur internal yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya.
    5. Layanan ini disediakan dan diberikan ALAMI melalui Platform ALAMI.
    6. Kebijakan Privasi ini mengikat, dan dengan terus menggunakan situs ini, Pengguna Platform ALAMI mengakui bahwa mereka telah membaca, memahami, dan menyetujui setiap dan semua konten dari Kebijakan Privasi, Kebijakan Cookie, dan Ketentuan Penggunaan ini.
    7. Platform ALAMI adalah (a) situs yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh ALAMI yang saat ini dapat di akses pada URL p2p.alamisharia.co.id berikut situs perubahannya dari waktu ke waktu (“Situs”); dan/atau (b) aplikasi seluler dari p2p.alamisharia.co.id yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh ALAMI, termasuk iOS dan Android berikut perubahannya dari waktu ke waktu (“Aplikasi”).
    8. Tim Layanan Konsumen adalah tim internal ALAMI yang bertugas melayani para Pengguna sehubungan dengan pengelolaan dan perlindungan Data Pribadi Pengguna.
  2. Ketentuan Khusus

    Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari Kebijakan Pengguna Platform ALAMI (“Kebijakan Pengguna”). Penggunaan setiap fitur dan/atau layanan yang tersedia dalam Platform ALAMI merupakan bentuk persetujuan secara tegas dari Pengguna terhadap Kebijakan Pengguna dan Kebijakan Privasi ini. Oleh karena itu, mohon Pengguna membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Pengguna memahami sepenuhnya sebelum mendaftar, mengakses dan/atau menggunakan Platform ALAMI. Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh Pengguna. Pengguna juga menyatakan dan menjamin bahwa Data Pribadi yang Pengguna berikan kepada ALAMI adalah benar, lengkap, diperoleh secara sah dan Pengguna memiliki hak sepenuhnya untuk memberikannya kepada ALAMI.

Ruang Lingkup, Pengumpulan dan Perolehan Data Pribadi
  1. ALAMI selaku pemilik dan pengelola Platform ALAMI berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Perlu dicatat bahwa Data Pribadi disini tidak berlaku untuk Data Pribadi yang:
    1. suatu pihak dapat membuktikan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari pihak yang mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari pihak yang mengungkapkan;
    2. Data Pribadi tersebut telah diketahui publik tanpa melanggar hukum yang berlaku;
    3. Telah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena pelanggaran oleh pihak yang menerima atau perwakilannya;
    4. Data Pribadi diperoleh secara sah oleh pihak lain tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
    5. Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut hukum yang berlaku; dan/atau
    6. Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan Data Pribadi yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.

    ALAMI berhak memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data Pribadi (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Platform ALAMI, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya ALAMI, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi atau pihak terkait maupun perwakilan ALAMI, maupun diakses ALAMI atau diajukan oleh Pengguna melalui atau diperoleh dari sistem, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan (devices) yang ALAMI atau Pengguna gunakan atau terlibat dalam pemanfaatan Layanan ALAMI atau Platform ALAMI.

  2. Ruang Lingkup atau cakupan definisi Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan dokumen pengunjung, Pengguna dan/atau pihak terkait Pengguna (keluarga, rekan, karyawan, perusahaan, direktur, pegawai atau kuasanya, kuasa atau wali, pemilik, pemberi dana utama, partner, penyedia jasa bagi Pengguna, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan pihak-pihak lain yang terkait), pola atau kebiasaan Pengguna dalam mengakses Platform ALAMI, profil risiko, portfolio pemberian pembiayaan, sejarah pencarian atau penggunaan layanan serta sejarah transaksi yang Pengguna lakukan di Platform ALAMI, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan penggunaan Platform ALAMI oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi yang:

    1. dipersyaratkan atau diperoleh ALAMI dari Pengguna atau diserahkan, diungkapkan, diunduh atau diajukan Pengguna melalui Platform ALAMI atau sumber daya ALAMI sehubungan dengan penggunaan dan penyediaan setiap dan seluruh fitur dan produk di Platform Alami kepada Pengguna;
    2. diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari Pengguna, antara lain untuk tujuan verifikasi, penilaian kelayakan kredit dan pencegahan penipuan, penyediaan layanan pemasaran dan pembayaran, dan pihak ketiga lainnya (lihat Poin B.3 di bawah ini untuk uraian lebih lanjut berkaitan dengan pengungkapan kepada pihak ketiga);
    3. dikumpulkan oleh ALAMI ketika Pengguna berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh ALAMI, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Pengguna;
    4. diperoleh atau diakses secara sah oleh ALAMI berdasarkan kebijakan dan prosedur internal ALAMI terkait Layanan ALAMI selama Pengguna masih terikat pada Kebijakan Privasi ini; dan/atau
    5. wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Pengguna secara sukarela berdasarkan ketentuan dalam Perjanjian Berlangganan dan/atau Perjanjian Pinjaman atau secara sukarela dari waktu ke waktu Ketika Pengguna menggunakan Platform ALAMI.
  1. ALAMI dapat menggunakan sebagian atau keseluruhan Data Pribadi Pengguna (yang Kami peroleh, kumpulkan dan/atau diberikan kepada ALAMI berdasarkan Kebijakan Privasi ini) untuk tujuan atau terkait dengan hal-hal sebagai berikut:

    1. Mengelola akurasi informasi yang Pengguna berikan.
    2. Mengelola pendaftaran Pengguna, dan untuk mengelola, melakukan verifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun Pengguna.
    3. Menawarkan dan menyediakan kepada Pengguna fitur-fitur atau layanan-layanan ALAMI melalui Platform ALAMI.
    4. Melakukan penilaian, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap (i) jika Pengguna adalah Penerima Pembiayaan atau calon Penerima Pembiayaan, maka ALAMI akan melakukan verifikasi dan/atau validasi terhadap identitas dan latar belakang Pengguna, penilaian kelayakan kredit dan jumlah pinjaman yang dapat Kami berikan kepada Pengguna serta menyelesaikan permohonan Pengguna sehubungan dengan permohonan atau aplikasi perolehan pembiayaan; (ii) proses atau permohonan pendaftaran sebagai Pemberi Pembiayaan; dan/atau (iii) profil Pengguna, untuk tujuan pengembangan kebijakan, model dan struktur pengelolaan resiko yang digunakan oleh ALAMI.
    5. Pemenuhan hak dan kewajiban ALAMI berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, Perjanjian Keanggotaan, Perjanjian Pemberian Kuasa dan/atau Perjanjian Pembiayaan Syariah.
    6. Pelaksanaan, pengelolaan, dan pengawasan terhadap perjanjian-perjanjian yang Pengguna telah tandatangani melalui Platform ALAMI, antara lain, Perjanjian Keanggotaan, Perjanjian Pemberian Kuasa dan/atau Perjanjian Pembiayaan.
    7. Pelaksanaan, pemeliharaan, dan penyediaan kegiatan operasional ALAMI dari waktu ke waktu.
    8. Survei, riset, evaluasi, penelitian pasar, pengembangan dan/atau peningkatan produk, promosi, pembaharuan terhadap fitur, kegunaan, produk dan/atau layanan yang disediakan oleh ALAMI dan/atau ALAMI Group atau pihak terkait yang berkepentingan yang dapat ditunjuk oleh ALAMI dan/atau ALAMI Group.
    9. Memeriksa, menanggapi, mengatasi dan melakukan pengawasan atau pemantauan terhadap pertanyaan, permasalahan, komentar atau keluhan yang disampaikan Pengguna kepada Tim Layanan Konsumen.
    10. Berkomunikasi dengan Pengguna sehubungan dengan Platform ALAMI melalui berbagai media seperti notifikasi dalam Aplikasi, surat elektronik, telepon, layanan pesan singkat (SMS), layanan percakapan (chatting) pesan singkat dalam Aplikasi (in-app messaging/ push notifications), maupun media sosial.
    11. Memahami, mempelajari dan menganalisa data, pola penggunaan atau perilaku pengunjung dan Pengguna berkaitan dengan kebutuhan dan preferensi penyediaan Plaftorm ALAMI.
    12. Penegakan hukum dan kepatuhan ALAMI terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada menanggapi pertanyaan terkait regulasi, penyelidikan, atau mematuhi persyaratan atau ketentuan pengarsipan dan pelaporan menurut peraturan perundang-undangan serta termasuk bertukar informasi dengan perusahaan dan organisasi lain untuk tujuan perlindungan terhadap penipuan dan/atau perlindungan terhadap tindak kejahatan).
    13. Proses administrasi internal seperti audit dan perpajakan.
    14. Setiap tujuan lain yang Kami beritahukan kepada Anda pada saat mendapatkan persetujuan Anda.
    15. (Secara bersama-sama, tujuan-tujuan di atas merupakan “Tujuan”).

Untuk mencapai Tujuan di atas dan dengan tetap memperhatikan tanggung jawab terhadap pengamanan yang patut sehubungan dengan keamanan, kerahasiaan, perlindungan Data Pribadi Pengguna, ALAMI dapat menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Pengguna yang diatur pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya, atau mengungkapkan kepada pihak ketiga dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. ALAMI dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna yang relevan dan secara wajar dibutuhkan kepada perusahaan atau mitra usaha ALAMI yang membantu ALAMI dalam melakukan kegiatan penyediaan Platform ALAMI termasuk kegiatan sehubungan dengan pengolahan informasi, pusat data, jasa perbankan, penagihan, pengiriman dana, dompet elektronik, uang elektronik, administrasi, surat menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan, visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, teknologi informasi, komputer, mitra pembayaran, mitra pengumpulan dan penagihan hutang, atau keamanan atau jasa lainnya yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna;
  2. ALAMI dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna yang relevan dan secara wajar dibutuhkan kepada perusahaan atau pihak ketiga untuk melakukan sesuatu untuk dan atas nama ALAMI, termasuk perusahaan atau lembaga yang menyediakan jasa Know Your Customers (KYC) atau Customer Due Diligence (CDD), biro penilai kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan, atau perusahaan penyedia jasa lainnya untuk tujuan penilaian kelayanan kredit, yang hanya akan menggunakan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
  3. ALAMI dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna yang berkaitan dengan pihak Penerima Pembiayaan sebagai bagian dari Layanan. Informasi tersebut dapat diungkapkan kepada pihak Pemberi Pembiayaan yang terdaftar dalam Platform ALAMI dan dapat digunakan oleh mereka dalam penentuan pemberian pinjaman kepada pihak Penerima Pembiayaan.
  4. ALAMI dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada pihak atau perusahaan terafiliasi, anak perusahaan, dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari ALAMI yang membantu ALAMI dalam melakukan kegiatan penyediaan Platform ALAMI, termasuk namun tidak terbatas pada ALAMI Group, konsultan profesional, internal, external auditor dan mitra penyedia layanan sejenis berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna
  5. Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah dan Lembaga penegak hukum lainnya baik atas inisiatif ALAMI atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau lembaga penegak hukum.
  6. Setiap pihak atau calon penerima pengalihan dari ALAMI atau pemindahan dari ALAMI dalam hubungannya dengan Penerima Pembiayaan, atau seluruh maupun sebagian aset atau bisnis ALAMI sehubungan dengan tindakan korporasi berupa penggabungan, akuisisi, pembiayaan utang, penjualan kekayaan, atau transaksi serupa.
  7. pihak-pihak yang memberikan atau mengajukan untuk memberikan jaminan atau jaminan pihak ketiga untuk menjamin atau menjaga kewajiban Penerima Pembiayaan.

ALAMI hanya menyimpan Data Pribadi untuk jangka waktu terbatas selama ALAMI membutuhkannya untuk memenuhi tujuan pengumpulan, kecuali diwajibkan oleh hukum. Penyimpanan Data Pribadi oleh ALAMI adalah selama paling singkat 5 (lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik. ALAMI akan melakukan penyimpanan ini sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem ALAMI atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang bekerjasama dengan ALAMI ("Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi") dengan tetap mengutamakan kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna serta kepatuhan terhadap Kebijakan Privasi ini.

ALAMI berhak untuk menyampaikan penawaran dan/atau informasi produk dan jasa dari ALAMI maupun anak usaha, dan/atau afiliasinya dalam cakupan ALAMI Group, melalui sarana elektronik dan/atau sarana tertulis yang memadai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku baik melalui Aplikasi, sarana komunikasi pribadi Pengguna atau Situs sebagai bentuk kebutuhan promosi maupun peningkatan layanan.

  1. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada ALAMI adalah benar dan akurat.
  2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait, dalam hal Pengguna mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan ALAMI dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk perolehan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, dan pengungkapan Data Pribadi mereka oleh ALAMI, sehingga ALAMI dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan mengungkapkan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana dijabarkan dalam Pasal 2 Kebijakan Privasi ini.
  1. ALAMI dan/atau ALAMI Group berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Pengguna kepada siapapun. Namun ALAMI dan/atau ALAMI Group tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengguna dalam wujud apapun termasuk resiko kerugian yang diakibatkan atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan ALAMI dan/atau ALAMI Group maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait ALAMI lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:
    1. ALAMI dan/atau ALAMI Group tidak akan memberi ganti rugi, merespon dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifikasi, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian ALAMI dan/atau ALAMI Group berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
    2. ALAMI dan/atau ALAMI Group tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah terverifikasi oleh ALAMI sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak manapun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan
    3. ALAMI dan/atau ALAMI Group tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Pengguna tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari ALAMI dan/atau ALAMI Group maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait ALAMI dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan atau peristiwa apa pun yang berada di luar kendali wajar ALAMI termasuk tetapi tidak terbatas pada peretasan komputer, akses tidak sah ke data komputer dan perangkat penyimpanan, komputer crash, pelanggaran keamanan dan enkripsi, buruknya kualitas layanan Internet atau layanan telepon dari Anda, dan lain-lain. Namun demikian, ALAMI dan/atau ALAMI Group tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Pengguna perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika ALAMI mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.

Jika Pengguna bermaksud untuk mengakses informasi mengenai Data Pribadi Pengguna yang terdaftar dalam Platform ALAMI, Pengguna dapat menghubungi Tim Layanan Konsumen. Kami akan segera menangani permintaan Pengguna hingga batas yang wajar setelah kami memverifikasi identitas Pengguna dengan tepat dan sesuai dengan mekanisme sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini.

  1. Untuk memastikan akurasi, keterbaruan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan sewaktu-waktu kepada ALAMI untuk tujuan perubahan, penambahan, pembaruan dan/atau penghapusan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau diberikan kepada ALAMI.
  2. Penghapusan Data Pribadi oleh ALAMI akan dilakukan dalam hal Pengguna melakukan penarikan persetujuan atas pemrosesan Data Pribadi yang dimilikinya dan/atau dalam hal Pengguna meminta ALAMI untuk menghapus Data Pribadi terkait, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang - undangan yang berlaku apabila ALAMI diharuskan untuk menyimpan Data Pribadi Tertentu untuk tujuan hukum.
  3. Pengguna setuju bahwa penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi dapat mempengaruhi akses terhadap Platform ALAMI dan/atau Layanan yang dapat Pengguna pergunakan atau dapat mengakibatkan Alami tidak dapat memberikan Layanan kepada Pengguna. Harap perhatikan juga bahwa menghapus aplikasi mobile tidak akan mengakibatkan penghentian penggunaan Platform ALAMI dan/atau Layanan oleh Pengguna atau pemanfaatan Data Pribadi Pengguna. Selain itu, harap perhatikan juga bahwa meskipun terdapat penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi akan terekam dalam basis data kami, ALAMI dapat menyimpan semua informasi yang Pengguna berikan untuk pengarsipan, pencegahan penipuan dan penyalahgunaan, analitik, pemenuhan kewajiban hukum, atau Tujuan lain ALAMI yakin bahwa ALAMI memiliki alasan yang sah untuk melakukannya.
  4. Perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi sebagaimana dimaksud huruf (a) dan (b) di atas akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur internal ALAMI yang tahapannya adalah sebagai berikut:
    1. Permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan Data Pribadi oleh Pengguna wajib disampaikan melalui telepon, surat elektronik (e-mail) dan/atau live chat kepada ALAMI melalui Tim Layanan Konsumen;
    2. Tim Layanan Konsumen melakukan verifikasi atas permohonan tersebut dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah diterimanya permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau penghapusan;
    3. Tim Layanan Konsumen memberikan informasi kepada Pengguna atas disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya verifikasi;
    4. ALAMI melakukan perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan Data Pribadi yang diminta dalam jangka waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Tim Layanan Konsumen menyampaikan kepada Pengguna bahwa permohonan untuk perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan telah disetujui; dan
    5. Tim Layanan Konsumen akan menyampaikan kepada Pengguna terkait perubahan, penambahan, pembaharuan, atau penghapusan Data Pribadi yang telah dilakukan.
  5. Kami sangat berhati-hati dalam melindungi privasi dari pemilik data yang berusia dibawah 18 (delapan belas) tahun. Dalam hal Data Pribadi yang diberikan kepada ALAMI merupakan Data Pribadi milik anak di bawah umur (yaitu berusia dibawah 18 tahun), maka orang tua atau wali anak tersebut dapat meminta penghapusan Data Pribadi yang dimaksud dengan mengirimkan permohonan kepada ALAMI dengan mengikuti tata cara sebagaimana disebutkan sebelumnya.

ALAMI dapat melakukan peninjauan, perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi pada halaman ini dari waktu ke waktu. Apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan terlebih dahulu atau setelah melalui notifikasi, email dan/atau melalui cara lainnya kepada Pengguna. Akses dan/atau penggunaan Platform ALAMI secara terus-menerus serta tidak adanya pemberitahuan secara tertulis oleh Pengguna kepada Kami mengenai keberatan Pengguna atas perubahan atau pembaharuan yang dibuat merupakan bentuk penerimaan dan persetujuan Pengguna atas perubahan atau pembaharuan Kebijakan Privasi ini.

Pengguna disarankan untuk membaca dengan cermat, teliti, dan seksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan atau pembaharuan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini. Pengguna bertanggung jawab untuk senantiasa memahami perubahan atau pembaharuan yang Kami buat dari waktu ke waktu. Kebijakan Privasi mulai berlaku sejak tanggal perubahan atau pembaharuan tersebut.

Kebijakan Privasi ini terakhir diubah atau diperbaharui pada tanggal 25 April 2022