Bantuan

SYARAT DAN KETENTUAN

Halaman ini berisi Syarat dan Ketentuan mengenai aturan, pedoman, panduan, pemberitahuan, kebijakan dan instruksi yang berkaitan dengan penggunaan beserta Layanan yang terdapat dalam platform ALAMI. Apabila terdapat perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini, akan kami publikasikan melalui platform dan pengguna diharapkan membaca setiap perubahan tersebut secara seksama.

DEFINISI

ALAMI
Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi berdasarkan prinsip Syariah dengan skema pembiayaan yang dijalankan adalah skema peer to peer.
Ketentuan mengenai file data yang ditulis kedalam hard disk komputer user/pengguna internet yang dilakukan oleh server web agar dapat mengidentifikasi pengguna pada laman web tersebut dan dapat segera dikenali oleh laman web.
Ketentuan mengenai penggunaan data dan/atau akses yang bersifat pribadi.
Teknologi, sistem elektronik, website dan/atau aplikasi mobile yang disediakan ALAMI kepada pengguna untuk dapat mengunjungi dan mengakses layanan.
Rekening yang dibuka secara khusus yang digunakan untuk tujuan tertentu guna menampung dana yang dipercaya kepada ALAMI selaku Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.
Nomor identifikasi Pengguna yang dibuka oleh Bank Mitra atas Permintaan ALAMI untuk selanjutnya diberikan kepada Pengguna sebagai nomor rekening tujuan penerimaan ataupun aktivitas transaksi yang mendukung proses layanan pembiayaan.
Rekening atas nama Pemberi Pembiayaan yang disediakan oleh ALAMI atas kerjasama dengan Bank Mitra untuk mempermudah Pengguna melakukan pendanaan di ALAMI.
Lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. Berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011, OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.
Lembaga yang dibentuk oleh MUI dalam rangka mewujudkan aspirasi umat Islam mengenai masalah perekonomian dan mendorong penerapan ajaran Islam dalam bidang perekonomian/keuangan yang dilaksanakan sesuai dengan tuntunan syariat.
Setiap individu yang mengunjungi, mengakses dan/atau menggunakan Platform ALAMI.
Perorangan, badan hukum dan/atau badan usaha yang memiliki maksud dan tujuan yang sesuai syariah untuk mendapatkan pendanaan dari Pendana melalui Platform ALAMI.
Perorangan, badan hukum dan/atau badan usaha yang memiliki maksud dan tujuan yang sesuai syariah untuk memberikan Pendanaan kepada Penerima Pendanaan melalui ALAMI.
Tim Layanan Konsumen tim internal ALAMI yang bertugas melayani para Pengguna Platform ALAMI sehubungan dengan bantuan, pengaduan dan/atau manajemen Data Pribadi Pengguna.

BATAS MAKSIMUM PENDANAAN

LPBBTI memiliki batas maksimum penyaluran dan penerimaan pendanaan sejumlah Rp2.000.000.000 (dua miliar Rupiah) dan/atau jumlah maksimum lain berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta perubahannya dari waktu ke waktu.

LISENSI PLATFORM

Platform ALAMI telah tersertifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia dengan nomor tanda daftar 01185/DJAI.PSE/10/2018 dan telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor tanda berizin KEP-21/D.05/2020 serta telah menerapkan standar ISO 27001:2013 sebagai komitmen ALAMI untuk melindungi dan mempertahankan keamanan informasi milik Pengguna.

SYARAT PENGGUNA PLATFORM

  1. Pengguna berusia minimal 18 tahun, tidak di bawah pengampuan, dan memiliki kapasitas hukum, hak, kuasa dan otoritas yang diperlukan untuk menyetujui ketentuan - ketentuan penggunaan Platform ALAMI dan ketentuan perundang - undangan yang berlaku.
  2. Pengguna dinyatakan cakap hukum dan/atau mumayyiz dalam bertindak secara penuh sehingga setiap perbuatannya dapat dipertanggungjawabkan;
  3. Pengguna menggunakan Platform ALAMI dengan itikad baik untuk menggapai Ridha Allah tanpa ada niatan buruk yang melatarbelakangi tindakan Pengguna.
  4. Pengguna tidak menggunakan Platform ini untuk kegiatan yang melanggar syariah dan/atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan serta aturan lain (termasuk Kebijakan Privasi) yang terpublikasi pada Platform.

JENIS, PROSEDUR DAN SYARAT TERKAIT LAYANAN PENDANAAN SYARIAH

Silahkan kunjungi laman FAQ ALAMI untuk mengetahui jenis, prosedur dan syarat terkait layanan Pendanaan syariah dari ALAMI.

TINDAKAN YANG DILARANG

  1. Pengguna dilarang mengakses, mengumpulkan, dan/atau mengunduh data/materi apapun dari Platform dengan/tanpa menggunakan sarana program otomatis untuk kegiatan ataupun tujuan apapun yang melanggar Syariah dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Pengguna dilarang mengunggah, mempublikasikan, mengirim email dan menyediakan iklan, promosi, junk mail, spam, dan/atau bentuk lainnya untuk kepentingan yang bersifat komersial maupun non komersial kepada Platform ALAMI, Pengguna Platform ALAMI, dan/atau pihak lain yang memiliki kepentingan khusus dengan ALAMI;
  3. Pengguna dilarang mengakses tanpa wewenang, meretas, menghalangi, mengganggu, menonaktifkan, membebani dengan berlebihan atau mengganggu kerja atau tampilan yang layak dari situs atau layanan, yang termasuk tetapi tidak terbatas pada penolakan layanan, serangan spoof, sesi peretasan, gangguan rekayasa terbalik, pemrograman ulang, atau pemanfaatan setiap teknik drama untuk melampirkan setiap konten atau informasi kepemilikan lainnya;
  4. Pengguna dilarang memposting materi dan data apapun yang mengandung virus atau kode komputer berbahaya lain atau yang serupa, file atau program yang dirancang untuk menginterupsi, mempengaruhi, merusak atau membatasi fungsi dari setiap perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau peralatan telekomunikasi;
  5. Pengguna dilarang meminta kata sandi, mengumpulkan alamat surel atau data pribadi para pengguna lain dari situs, konten situs dan layanan melalui alat elektronik atau alat lain untuk tujuan mengirim email yang atau komunikasi atau upaya lain yang tidak diminta untuk mengadakan setiap transaksi pinjaman dengan anggota di luar layanan, atau setiap tujuan komersial atau melanggar hukum;
  6. Pengguna dilarang berkedok sebagai orang lain atau entitas manapun, atau dengan salah menyatakan atau salah dalam menggambarkan diri, atau umur atau afiliasi dengan atau wewenang untuk bertindak atas nama siapapun atau entitas manapun, atau membuat identitas palsu pada Platform atau situs ALAMI;
  7. Pengguna dilarang melakukan tindakan-tindakan lain apapun yang berdampak buruk bagi Platform dan fasilitas ALAMI lainnya.

KETENTUAN PROGRAM ANTI PENCUCIAN UANG, PENCEGAHAN PENDANAAN TERORISME, DAN PROLIFERASI SENJATA PEMUSNAH MASSAL

  1. Pengguna meyakini bahwa seluruh data/informasi dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sesuai POJK Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal di Sektor Jasa Keuangan beserta perubahan-perubahannya di masa datang ("POJK APU/PPT/PPPSPM").
  2. Pembukaan akun ditujukkan untuk kepentingan Pengguna bersangkutan atau tidak mewakili pihak lain. Pengguna tidak menyediakan dan/atau memperjualbelikan akun kepada pihak lain selain Pengguna dan/atau menggunakan akun dengan tujuan dan/atau cara-cara yang melanggar hukum.
  3. Pengguna dengan ini menyetujui bahwa ALAMI dapat memberikan data dan/atau informasi termasuk namun tidak terbatas pada data pribadi Pengguna dalam rangka pemenuhan ketentuan hukum yang berlaku, antara lain anti pencucian uang, pencegahan pendanaan terorisme, dan pencegahan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal.
  4. Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa ALAMI akan melakukan penatausahaan dokumen data pribadi sesuai masa retensi data (sesuai POJK APU/PPT/PPPSPM).
  5. ALAMI dapat menolak, membatalkan, dan/atau menutup hubungan usaha dengan Pengguna dalam hal terdapat ketidaksesuaian dengan syarat dan ketentuan aplikasi ALAMI (sesuai POJK APU/PPT/PPPSPM).

KETENTUAN DATA DAN PRIVASI PENGGUNA

Segala ketentuan mengenai data pribadi dan privasi dapat dilihat secara terperinci pada laman Kebijakan Privasi dan Kebijakan Cookie.

BATASAN TANGGUNG JAWAB DAN PENAFIAN

  1. Pengguna mengetahui dan menyadari segala risiko atas transaksi Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi:
    1. bahwa setiap keterlambatan pembayaran, tidak adanya pembayaran, dan/atau kerugian yang mungkin timbul dari transaksi yang dikehendaki dan dilakukan oleh Pengguna pada Platform ALAMI; dan/atau
    2. dalam hal terdapat keterlibatan, kesalahan, kelalaian, dan/atau perbuatan yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan yang dilakukan oleh Pengguna;
    Maka risiko yang timbul adalah sepenuhnya ditanggung oleh Pengguna. ALAMI hanya bertanggung jawab dalam hal terjadi kelalaian atau kesalahan yang disebabkan oleh ALAMI selaku Penyelenggara dan menimbulkan kerugian bagi Pendana.
  2. Pengguna mengetahui dan menyatakan bahwa ALAMI hanya bertanggung jawab selaku penyedia Platform Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi sesuai dengan ketentuan syariah dan peraturan perundang-undangan terkait;
  3. Pengguna harus memahami transaksi dan isi perjanjian Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, termasuk batas atas fasilitas Pendanaan disesuaikan dengan kemampuan Pengguna dalam melakukan transaksi;
  4. Pengguna menjamin keaslian dan keabsahan seluruh dokumen dan/atau informasi yang disampaikan kepada ALAMI. Atas setiap pemalsuan dokumen, informasi, dan/atau tindak pidana lain yang dilakukan oleh Pengguna, Penyelenggara dapat melakukan upaya hukum termasuk memproses tindakan yang dimaksud kepada pihak yang berwenang;
  5. Dana Pengguna pada Escrow Account yang dibuka oleh ALAMI melalui kerjasama pihak ketiga tidak akan dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh ALAMI sesuai dengan undang-undang mengenai Perbankan di Indonesia;
  6. Segala isi dan/atau materi yang tersedia pada Platform ALAMI hanya sebatas memberikan informasi dan bukan sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran, maupun rekomendasi untuk memberikan Pendanaan;
  7. Apabila pada Platform ALAMI terdapat link dan/atau referensi menuju situs web pihak lain, ALAMI tidak bertanggung jawab atas segala konten dan/atau dampak yang ditimbulkan situs web tersebut;
  8. ALAMI tidak bertanggung jawab atas perbuatan melanggar hukum negara dan/atau syariah yang dilakukan oleh pengguna dengan/tanpa menggunakan Platform ALAMI dan/atau fasilitas yang terdapat didalamnya.

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. ALAMI, logo, ikon, desain, gambar grafis, nama situs domain, tulisan dan nama layanan milik ALAMI merupakan merek dagang milik ALAMI yang telah berlisensi dan dilindungi oleh ALAMI serta pihak lainnya yang terkait;
  2. Pengguna hanya diberikan izin terbatas sehubungan dengan merek dagang milik ALAMI untuk mengunduh dan/atau mencetak salinan dari bagian manapun pada konten situs dengan ketentuan bahwa Pengguna senantiasa menjaga seluruh hak cipta, menggunakannya untuk kebaikan sesuai syariah, dan memberitahukan atas kepemilikan merek dagang tersebut;
  3. Pengguna dilarang menggunakan izin terbatas tersebut untuk kepentingan lain yang melanggar syariah dan/atau ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

KEADAAN KAHAR

  1. ALAMI tidak bertanggung jawab atas putusnya kinerja sistem yang diakibatkan dari adanya hal-hal di luar kendali ALAMI, seperti kecelakaan yang tidak dapat dihindari, gempa bumi, banjir, tanah longsor, letusan gunung berapi, epidemi, pandemi, kebakaran, perang, huru-hara, revolusi, kekacauan yang disebabkan oleh keadaan ekonomi, politik, sosial, pemberontakan, perubahan pemerintah secara inkonstitusional, perubahan peraturan perundang-undangan dan perubahan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan moneter yang secara langsung mempengaruhi ALAMI, masalah utilitas publik (termasuk listrik, telekomunikasi atau kegagalan jaringan internet) terlepas dari kemungkinan bahwa situasi-situasi itu dapat diperkirakan;
  2. Tidak ada pihak yang bertanggung jawab atas putusnya kinerja sistem sebagai akibat dari hal-hal yang diakibatkan oleh Keadaan Kahar tersebut;
  3. ALAMI akan melakukan semua hal yang dimungkinkan untuk mengatasi putusnya kinerja sistem dan meminimalkan akibat dari Keadaan Kahar tanpa mengabaikan hak-hak masing-masing pihak yang terdapat dalam syarat dan ketentuan ini dalam bentuk apapun.

KETERPISAHAN

Apabila salah satu atau sebagian dari syarat dan ketentuan ini dinyatakan tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan undang-undang atau peraturan hukum lainnya yang terkait, maka bagian tersebut dianggap bukan merupakan bagian dari syarat dan ketentuan ini dan tidak akan berpengaruh terhadap bagian lain dari syarat dan ketentuan ini. Perubahan hanya akan dilakukan terkait syarat dan ketentuan yang terjadi pada hal demikian.

PERPAJAKAN

ALAMI tunduk dan patuh terhadap ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia, termasuk ketentuan mengenai Pajak Penghasilan (PPh) atas Imbal Hasil dan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) atas Marketplace Fee termasuk patuh apabila ALAMI ditunjuk sebagai pemotong pajak.

GANTI RUGI

  1. Pengguna menyetujui bahwa ALAMI dapat mengubah, memperbaharui, menunda, mengakhiri dan/atau menghentikan semua konten di Platform ALAMI.
  2. Pengguna menyetujui dan mengakui untuk membebaskan ALAMI, afiliasi nya, pemegang saham, direktur, komisaris, karyawan, agen, vendor atas segala tuntutan dan tanggung jawab serta permintaan / pernyataan atas kerugian secara langsung atau tidak langsung yang timbul dari Penggunaan situs, konten situs, Layanan, baik dari pihak ALAMI maupun pihak lain yang berkaitan dengan ALAMI, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Jaringan koneksi Pengguna ke situs;
    2. Pelanggaran Pengguna terhadap hak orang atau entitas lain;
    3. Tindakan pihak manapun yang dapat mengakses dan/atau menggunakan situs, konten situs, Layanan ALAMI maupun Pihak lain yang terkait dengan menggunakan Nama Pengguna dan/atau kata sandi untuk masuk kedalam Platform ALAMI dan/atau pihak lain yang terkait;
    4. Pelanggaran Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan ALAMI;
    5. Pelanggaran pengguna terhadap ketentuan Syariah dan Ketentuan Perundang-undangan terkait yang berlaku.

DOKUMEN ATAU KETENTUAN LAIN YANG BERLAKU

Kebijakan Privasi, Kebijakan Cookie, serta Perjanjian Pokok dan/atau Akad merupakan Dokumen/Ketentuan terperinci lain yang juga berlaku terhadap penggunaan Platform dan/atau Layanan ALAMI. Jika terdapat pertentangan terhadap syarat dan ketentuan ini, maka yang berlaku adalah Dokumen/Ketentuan lain tersebut dalam kaitannya dengan aspek-aspek khusus yang melekat di dalamnya.

PERUBAHAN DAN PERBAIKAN KESALAHAN

  1. Apabila terdapat kesalahan pengetikan kata, susunan kata, tata bahasa dan/atau dokumen lain yang dilakukan oleh ALAMI maka disepakati akan diperbaiki oleh ALAMI tanpa menimbulkan kewajiban dan/atau pertanggungjawaban secara hukum dan/atau finansial;
  2. ALAMI berhak mengubah segala ketentuan yang berkaitan dengan Platform, termasuk namun tidak terbatas pada syarat dan ketentuan ini termasuk mengenai Bank Mitra penyedia Rekening Dana Funder, tanpa persetujuan Pengguna sebelumnya dan dengan segera memperbaharuinya pada Platform ini. Pengguna dianggap telah memahami serta menyetujui terkait perubahan tersebut dan dihimbau untuk memeriksa laman ini jika sewaktu-waktu terjadi perubahan.

HUKUM YANG BERLAKU DAN YURISDIKSI

Seluruh Syarat dan Ketentuan serta ketentuan lain yang ditetapkan pada Platform ALAMI ditafsirkan dan diatur berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Apabila terjadi sengketa atau tindakan hukum lain yang timbul kaitannya dengan ALAMI, maka akan diselesaikan dalam lingkup yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

LAYANAN PENGADUAN

  1. ALAMI selaku pemilik dan pengelola Platform ALAMI, menyediakan layanan pengaduan kepada Pengguna sehubungan dengan layanan pada Platform ALAMI dan/atau data Pengguna, melalui alamat dan kontak berikut ini:
    • Alamat: Plaza 89, Kav.X7, Jl. H. R Rasuna Said No. 6, Kel. Karet, Kuningan, Kec. Setiabudi, Kota Adm. Jakarta Selatan, Prov. DKI Jakarta, 12940
    • Nomor Telepon: 021-31116191
    • Instagram: @alamisharia
    • Atau kunjungi laman FAQ ALAMI untuk informasi lebih lanjut.
  2. ALAMI tidak mengenakan biaya apa pun kepada Pengguna atas layanan pengaduan.