Press Release - 2 Menit untuk Membaca

Ubah Nama ALAMI Menjadi Hijra, Manajemen Ingin Selaraskan Visi Sebagai Platform Kebaikan

  • Berawal dari layanan produk peer-to-peer lending syariah, ALAMI telah bertransformasi dan berkembang menjadi ekosistem teknologi keuangan yang lengkap, termasuk hadirnya Hijra Bank sebagai BPRS pertama Indonesia yang berhasil bertransformasi sepenuhnya menjadi digital mobile banking modern, serta ARQAM Accelerator dan ALAMI Institute sebagai pilar pendukung.   
  • Brand baru ini menjadi simbol yang berpadu, selaras dengan visi jangka panjang menjadi platform yang mengajak penggunanya pada kebaikan. 
  • Jumlah pengguna ekosistem ALAMI secara group telah mencapai lebih dari 140.000 (baik P2PL maupun bank) sejak didirikan, mampu membiayai lebih dari 10.000 proyek UMKM dan hadir di lebih dari 400 kota/kabupaten (pendana, UMKM, inisiatif sosial dan komersial). 

ALAMI menyelaraskan tujuan utama untuk ciptakan platform teknologi keuangan dengan fitur-fitur dan inovasi unggul, dengan visi kebaikan dan mengubah brand menjadi Hijra yang diumumkan hari ini (20 Desember 2022). Perubahan brand ini menandai sejarah baru bagi grup perusahaan sejak berdiri 2018 yang ingin menjadi penggerak penggunanya melalui berbagai kebaikan sehari-hari melalui platform kami secara individual maupun bersama-sama.

Hijra sendiri berasal dari kata Hijrah secara khusus dapat diterjemahkan secara mendalam sebagai sebuah perjalanan dan peningkatan sekecil apa pun dari diri kita. Itu menandakan gerakan menuju perbaikan. Pasti akan lebih mudah dilakukan bersama, bahu membahu, dengan semangat dan niat yang sama untuk berbuat kebaikan dan ridho Allah SWT.

Capaian-capaian ALAMI sejak aplikasi diluncurkan dan beroperasi secara penuh tahun 2020 jadi pertanda tingginya kepercayaan pengguna ekosistem platform kami yang telah mendukung sejak awal. Sulit bagi kami untuk dapat berada pada posisi saat ini tanpa ridho Allah SWT, dukungan ratusan ribu pengguna platform, puluhan ribu UMKM yang telah mempercayakan kebutuhan pembiayaan syariah-nya kepada layanan di platform ALAMI. 

Pertumbuhan Bisnis Terus Meningkat, Seiring Kepercayaan Masyarakat Pada Berbagai Produk dan Inisiatif Perusahaan

ALAMI yang kini menjadi Hijra tumbuh secara pesat. Terhitung bulan November 2022 pengguna ekosistem platform kami mencapai 140.000 (peer-to-peer lending dan bank), dengan lebih dari 10.000 proyek UMKM telah dibiayai senilai lebih dari Rp3,8 triliun. Sektor-sektor yang dibiayai pun membawa dampak sosial ekonomi yang tinggi diantaranya industri kesehatan, fast-moving consumer goods, logistik, telekomunikasi/teknologi, dan sumber daya manusia. Pertumbuhan signifikan ini terjadi justru pada saat Indonesia berada di tengah-tengah pandemi, dimana UMKM berupaya untuk berpartisipasi memastikan perekonomian nasional dan sektor riil bertahan, termasuk membantu Pemerintah memenuhi kebutuhan penunjang kesehatan melawan pandemi.

Hijra kini telah bertransformasi menjadi ekosistem teknologi keuangan dengan visi jadi platform kebaikan, membersamai penggunanya secara nyaman, aman, dan mudah dalam mengelola uang, menginvestasikan atau memperoleh akses pembiayaan secara syariah. Selain memiliki produk layanan Peer-to-Peer Lending (“P2PL”) dan digital mobile banking Hijra Bank, kami telah sejak awal membangun program akselerator berbasis syariah untuk bantu meningkatkan kualitas, kapasitas dan akses modal bagi UMKM dan startups. Selain itu melalui Institute di dalam satu kesatuan ekosistem ini, kami berupaya menghadirkan dan berusaha jadi solusi praktis yang menyediakan beragam konten edukasi dan ilmu seputar keuangan syariah. 

Perubahan Brand Cerminkan Hijra Sebagai Platform Teknologi Keuangan Fasilitasi Kebaikan

Kini sebagai grup perusahaan kami telah memasuki babak baru dengan diluncurkannya Hijra Bank pada 6 Desember 2022. Kami merasa yakin, saat ini adalah waktu yang tepat, kami tidak berbicara tentang puluhan ribu pengguna, tetapi puluhan bahkan ratusan juta potensi pengguna yang dapat memanfaatkan teknologi ini. Oleh karena itu, brand serta filosofinya harus relevan dengan visi jangka panjang kami sebagai platform untuk mungkinkan penggunanya melakukan berbagai kebaikan untuk diri sendiri maupun orang lain secara berkelanjutan. 

Dengan identitas baru, kami berharap dapat terus fasilitasi pengguna tingkatkan kualitas keuangan, pengetahuan, waktu, kehidupan mereka sehari-hari, tidak hanya membawa kebaikan bagi pengguna saja, tetapi juga masyarakat luas. Semoga Hijra dapat menambah semangat, niat dan upaya bergotong-royong untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, hadir di seluruh Indonesia bahkan dunia. 

20/12/2022

Maulana Malik Ibrahim

I love to see challenges as opportunities to grow. In a world where everyone feels obliged to speak, it is a luxury to sit, listen, and learn.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments